Tumbuhkan Ekonomi Kreatif, Sejumlah Perusahaan Sponsori IFW 2013

Tiga perusahaan besar dalam negeri yaitu, Bank BNI, Martha Tilaar Group, dan Pos Indonesia menjadi official partner pagelaran Indonesia Fashion Week 2013 yang akan berlangsung selama empat hari, 14-17 Februari 2013. Pagelaran yang baru menginjak tahun kedua tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia, Dr. Setyo Riyanto, mengatakan ,sisi bisnis tidak menjadi pertimbangan utama menjadi sponsor Indonesia Fashion Week 2013. Dengan jangkauan PT Pos Indonesia yang bisa mencakup wilayah terpencil, Setyo menceritakan pengalamannya bertemu pengrajin-pengrajin kain yang tidak mampu menambahkan nilai pada produknya. “Kesulitannya adalah antara pembeli di kota dan produsen di daerah tidak ada trusting bodies-nya, sehingga selalu ada kecurigaan dan kekhawatiran di antara mereka. Maka, Pos Indonesia ingin berperan sebagai penengah di masalah ini., " paparnya sambil menjelaskan laman plasapos.com yang dibuat Pos Indonesia untuk mengisi celah tersebut.

“Ketika ditawarkan menjadi sponsor Indonesia Fashion Week 2013, kami melihat peluang untuk menjadi trusting body antara pengrajin dan pembeli. Bahkan, melalui plasapos.com kami sudah mengirim batik ke luar negeri, meskipun masih dalam skala kecil.” tambahnya. Pos Indonesia menjadi official forwarding partner bagi Indonesia Fashion Week 2013.

Sementara itu, alasan kesamaan visi juga diutarakan oleh Bank BNI selaku official bank partner. Diwakili Kepala Divisi Customer Management & Marketing, Purnomo B. Setiadi meyatakan sebagai institusi BUMN pihak Bank BNI bermisi menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia. “Bank BNI mempunyai proyek CSR dalam bentuk Kampung BNI yang telah berjalan selama lima tahun dan saat ini berjumlah 12 kampung. Mayoritas potensi kampung BNI terletak pada bidang fashion, seperti kerajinan kain, namun permasalahan bagi pengrajin di kampung BNI adalah visibility.”, ujar Purnomo.

Masalah visibility yang dimaksud adalah produk fashion yang dibuat oleh penggiat di satu daerah tidak diketahui oleh pembeli dan produsen di daerah lain, begitu pula sebaliknya. Sebagai usaha untuk memecahkan problem visibility tersebut, Bank BNI berperan besar dalam mengundang Chairman World Fashion Week, Paco de Jaimes untuk menghadiri seluruh rangkaian pagelaran Indonesia Fashion Week 2013.

Jika Bank BNI dan Pos Indonesia tidak memiliki kompetensi yang berhubungan langsung dengan dunia fashion, lain halnya dengan Martha Tilaar Group. Melalui Sari Ayu Martha Tilaar, Martha Tilaar Group menjadi official makeup and hairdo partner, di mana produk Sari Ayu akan dipakai untuk merias 600 model selama empat hari. “Fashion, beauty, dan lifestyle adalah kesatuan yang tidak terpisahkan. Kami menjadi sponsor Indonesia Fashion Week 2013 sesuai dengan misi kami, yaitu beauty culture dan women empowerment.”, tutur CEO Martha Tilaar Group, Wulan Tilaar.

Wulan mengumumkan, Martha Tilaar Group akan mengadakan kompetisi hijab, demo hijab, dan kompetisi fotografer perempuan di rangkaian Indonesia Fashion Week 2013 serta beauty class akbar dengan target peserta 3.500 orang di hari terakhir Indonesia Fashion Week 2013. Di hari terakhir, Sari Ayu Martha Tilaar juga akan mengadakan launching Sari Ayu Trend Warna 2013 “Pesisir Sentrajava”.

Presiden Direktur Indonesia Fashion Week, Ali Charisma, menegaskan bahwa Indonesia Fashion Week 2013 lebih bersifat trade show daripada fashion show. “Kami berharap Indonesia Fashion Week bisa menjadi jendela Indonesia untuk komunitas dan pebisnis fashion dunia.”, ujarnya. Indonesia Fashion Week 2013 akan diikuti 503 brand dan 208 desainer lokal. Indonesia Fashion Week 2013 memiliki sembilan zona, yaitu casual, kids, accessories, textile, men's wear, muslim wear, concept point, starting point, dan green point. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)