Win Win Solution, Sinergi Express Group, Huawei, Intertec dan Telkomsel

Express Transindo Utama Tbk atau Express Group semakin berkomitmen memanjakan para pelanggan setianya dengan fasilitas terbarunya, Wifi gratis di armada taksi reguler Express. Fasilitas ini merupakan hasil kerja sama dengan Huawei, Intertec dan Telkomsel.

Lalu, alasan apa yang melatar belakangi tersematkannya fasilitas free Wifi di sejumlah armada taksi reguler Express ini? lalu bagaimana bentuk kerjasamanya? Swa Online memperoleh jawaban langsung dari David Santoso, Direktur Keuangan Express Group. Berikut ulasannya.

DavidExpress

Alasan apa yang melatarbelakangi fasilitas free Wifi ini pada armada taksi reguler Ekspress?

Tentunya hal ini tak terlepas dari komitmen Express Group untuk selalu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan kami. Kami juga mendengarkan pelanggan, dan melalui free wifi ini diharapkan armada kami menjadi pelengkap kenyamanan dalam taksi. Dunia kita sekarang serba canggih, kaya teknologi dan internet layaknya kebutuhan wajib bagi para urban lifestyle di kota-kota besar seperti Jakarta.

Lalu berapa banyak jumlah armada yang dilengkapi fasilitas ini?

Selama 6 bulan untuk 400 unit taksi di area Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi.

Mengapa free Wifi hanya berlaku selama 6 bulan, dengan jumlah armada yang difasilitasi ini 400 unit dan hanya area Jadetabek saja? Apakah ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan Express Group?

Memang ini seperti market test. Kenapa hanya 400 dan 6 bulan, karena memang ini merupakan salah satu strategi peningkatan pelayanan kami. Hitungan 6 bulan dan hanya 400 unit karena kami dari tim, memikirkan matang, idealnya waktu dan jumlah armada. Nanti setelah 6 bulan dari diresmikannya hari ini (10/12/13), kami menghitung, melihat respon pelanggan, jika memang menunjukkan hal yang positif kedepannya pasti akan diperpanjang atau menambahkan inovasi terbaru lagi. Kita tunggu saja.

Mengenai pemilihan lokasi, sudah jelas. Kami tidak menutup mata banyak pelanggan kami dari dan ke Jadetabek, mereka sangat mobile, kebutuhan akan lifestyle terus meningkat apalagi ditengah kemacetan, jadi kami ingin pelanggan kami merasa nyaman salah satunya ditengah kemacetan ibukota.

Berarti jika respon baik, program ini terus berjalan?

Tidak menutup kemungkinan, dengan adanya respon bagus dari para pelanggan, kami akan menambah fasilitas wifinya lebih dari 400 unit yang saat ini tersedia mengingat hingga akhir tahun  2013 perseroan membidik target armada taksi express dapat mencapai 10.035 unit setelah sebelumnya per Agustus taksi Express yang beroperasional di jalanan sudah mencapai lebih dari 9 ribu.

Sekarang ini memang total armada taksi regulernya berapa? Dan kenapa baru sekarang menambah layanan free Wifi di armada ini?

Saat ini kami mengoperasikan 9.200 unit armada taksi di seluruh Indonesia. ada di Medan, Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Semarang dan Surabaya. Sejujurnya menambah layanan fasilitas free Wifi bukan hal pertama bagi Express Group. Express Group melalui 108 unit Tiara Express (taksi premium dengan Toyota Alphard dan Mercedez Benz Viano) sudah menyematkan fasilitas ini sejak berdirinya Tiara Express. Kalau untuk taksi reguler, memang ini yang pertama.

Taksi Reguler Express meluncurkan fasilitas internet wifi gratis bekerjasama dengan Huawei, Intertec dan Telkomsel, bagaimana bentuk kerja sama atau investasinya?

Jika ditanya investasi, agaknya cukup bingung ya. Tapi bentuk kerjasama investasinya sebenarnya yakni win win solution. Baik Huawei, Intertec dan Telkomsel kami semua bersinergi dan sama-sama saling menguntungkan dalam branding kualitas. Kedepannya kami belum bisa memberikan penjelasan apapun, apakah nanti akan menjadi marketing campaign, atau bagaimana, nanti sama-sama kita lihat setelah market test ini.

Bagaimana dengan tingkat keamanan Fasilitas free Wifi ini? jika taksi berhenti atau ada orang yang ‘nyolong’ Wifi apakah bisa? Bagaimana dengan drivernya sendiri?

Kami menggunakan password yang bisa diminta ke drivernya. Wifi ini memang bisa digunakan lebih dari satu gadget. Kami tidak menutup mata, driver kami memang sudah diedukasi dan sangat mengerti akan teknologi. Tapi tetap kami memberikan arahan dan profesional.

Beralih mengenai rencana kedepannya Express Group, apa rencana untuk tahun 2014 mendatang?

Kami berencana akan menambah 2.000 unit taksi baru senilai Rp 500 miliar untuk memenuhi kebutuhan ekspansi usaha mulai tahun depan. penambahan taksi ini seiring dengan rencana menambah izin baru pengoperasian taksisekaligus pembukaan daerah baru. Selain itu kami yang pasti juga ada peremajaan armada.

Inovasi lain selain menambah free wifi di armada taksi reguler apa saja?

Armada taksi terbaru juga ada yang khusus dialokasikan melayani rute bandara terbaru di Jakarta, yakni Halim Perdana Kusuma. Nanti kami akan mengalokasikan sekitar 100 unit taksi terbaru, namun kami juga menyiapkan opsi lain untuk memberdayakan jumlah taksi yang ada guna ekpansi usaha di Bandara halim.

Pembukaan daerah baru nanti dimana saja? Apakah armada baru ini juga akan menggunakan merk Toyota?

Kami belum bisa mem-publish dimana lokasi terbaru ekspansi kami. Namun untuk model taksi, jika sebelumnya memakai sedan Vios (taksi Limo) dari Toyota, kami berencana akan menggunakan toyota Etios.

Berapa jumlah Etios-nya dan kapan resmi diluncurkannya?

Untuk Etios sendiri rencana mulai awal tahun 2014 ini. kami sudah inden sekitar 1.000 unit ditahun 2013. Perlahan, seluruh armada taksi reguler kami pelan-pelan akan menggunakan sedan Etios.

Terakhir, taksi reguler kian menjamur di kota-kota besar. Bagaimana Anda melihat kompetitor taksi reguler lain?

Kami tidak melihat kompetitor sebagai pesaing kami. Kami sangat yakin, kami mempunyai pelanggan tetap. Kami terus berkomitmen memberikan yang terbaik serta melakukan inovasi-inovasi lainnya. Lagipula kami juga sangat optimis. Tahun depan pasar angkutan umum, termasuk taksi terbilang kondusif. Ditambah lagi DKI sendiri berencana membatasi kendaraan pribadi sehingga taksi bila lebih ekspansi, kami tetap favorit. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)