Bersama Presiden SBY, Cristiano Ronaldo Tanam Mangrove di Bali

Setelah berhasil menggandeng Christiano Ronaldo sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali, Artha Graha Peduli pada 25 Juni 2013 lalu mendatangkan bintang sepak bola dunia itu ke Bali. Kedatangan Ronaldo itu untuk memenuhi undangan Tomy Winata, pendiri Artha Graha Peduli, dalam upayanya turut melestarikan mangrove. Cristiano Ronaldo tiba di Bali didampingi oleh kekasihya, Irina Shayk, yang mana pasangan ini memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

Pada tanggal 26 Juni, padi hari, Cristiano Ronaldo melakukan penanaman mangrove bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Telaga Waja yang terletak di pesisir Teluk Benoa. Presiden SBY terlihat didampingi Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono, dan sejumlah Menteri, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Menteri Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri ESDM, dan Kapolri serta Panglima TNI. Penanaman mangrove ini diharapkan akan lebih menduniakan pesan bahwa masyarakat dan pemerintah Indonesia pedulian terhadap pelestarian lingkungan, terutama adalah pelestarian hutan mangrove. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove dan mengajak partisipasi aktif masyarakat guna pelestarian hutan mangrove.

Cristiano Ronaldo datang ke lokasi acara didampingi oleh Tomy Winata, yang bersama dengan masyarakat disekitar Tanjung Benoa telah membentuk Forum Peduli Mangrove Bali dan telah terus melakukan kegiatan pembersihan, perawatan serta penanaman mangrove di seputar Tanjung Benoa. Motto yang digunakan adalah Tanam-Rawat-Tumbuh. Tomy Winata juga turut pula menanam mangrove bersama dengan Presiden SBY, Cristiano Ronaldo, Menteri Kehutanan, Menko Perekonomian, dan beberapa Menteri lainnya.

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, mengatakan, Ronaldo dipilih menjadi Duta Forum Mangrove Bali karena memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap Indonesia dan dilakukan untuk memperjuangkan konservasi mangrove di Indonesia. Presiden SBY dalam sambutannya menanyakan kepada yang hadir, terutama ditujukan pada anak-anak; “Apakah kalian sayang kepada negeri kita ?, Apakah kalian ingin tanah air kita tetap indah, sehat dan lingkungannya baik ? Apakah kalian ingin masa depan Indonesia dan masa depan dunia, juga baik ?”.

SBY menegaskan bahwa jika masyarakat Indonesia inginkan semua hal tersebut menjadi baik, maka; “Kita harus merawat hutan kita termasuk hutan bakau atau mangrove kita”. Presiden SBY menyampaikan kegembiraannya pada masyarakat Bali yang semangat menanam, memelihara dan menghijaukan. “Luar biasa, saya bangga, saya ingin seluruh Indonesia semangatnya sama, merawat dan menjaga hutan kita, membikin lingkungan kita baik, sehat dan indah. Itu pesan saya”, demikian disampaikan Presiden SBY.

Pada penutupan sambutannya, Presiden SBY menyampaikan:”Mari kita berikan contoh yang penting memberi contoh dan menjadi contoh untuk menjaga kelestarian lingkungan kita. Dan hari ini saya mengajak semuanya untuk menanam mangrove hutan bakau bersama tamu kita Cristiano Ronaldo dan tamu-tamu yang lain”.

Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara. Ini merupakan suatu kehormatan untuk datang kembali ke Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Bapak Peter Lim dan Bapak Tomy Winata sempat ketemu saya dan memberikan ide ini untuk menjadi Duta Besar untuk Hutan Mangrove, dan saya langsung tertarik pada saran itu,” ujar Ronaldo.

Sementara itu, Tommy Winata mengungkapkan, kesediaan Presiden Yudhoyono beserta Ibu Negara, Menteri Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Lingkungan Hidup dan pejabat lainnya untuk kampanye menanam bakau bersama Ronaldo sangat diapresiasi oleh Ronaldo. Ronaldo menilai Pemerintah Indonesia sangat peduli lingkungan.

Forum Peduli Mangrove adalah gerakan pelestarian mangrove di Bali yang didukung oleh 5(lima) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa – Bali. Forum ini dibentuk oleh Artha Graha Peduli dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, mengajak partisipasi aktif masyarakat guna melestarikan mangrove dan mengembalikan kondisi ekosistem serta keragaman hayati (bio-diversity) bagi tanaman mangrove.

Penunjukkan Ronaldo sebagai Duta Mangrove Bali dalam Forum Peduli Mangrove telah dilakukan dalam pertemuan di Madrid – Spanyol, pada Maret 2013 lalu, antara Bintang Sepak bola Real Madrid tersebut dan Tomy Winata. Dan secara resmi dikukuhkan oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan pada hari ini.

Ronaldo mengaku sangat istimewa dapat berperan dalam melestarikan mangrove di Indonesia. "Saya pernah datang ke Aceh pasca tsunami dan kehancuran yang saya lihat menyisakan kenangan dalam diri saya. Saya melihat di tempat yang ditumbuhi mangrove terbentuk ekosistem yang dapat melindungi dari hantaman ombak besar, dengan demikian banyak jiwa yang selamat serta lebih sedikit kerusakan yang ditimbulkan," kata Ronaldo.

Tomy Winata menilai Ronaldo adalah Duta Penyelamatan Mangrove yang cocok mengingat dia menjadi daya tarik dan panutan di seluruh dunia. “Ronaldo memiliki fans banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengikut twitternya puluhan juta terdiri dari berbagai kalangan. Selain itu, apapun kegiatan pemain bola bintang Real Madrid itu selalu menjadi magnet publikasi media di seluruh dunia. Kami mengharapkan pesan 'Save Mangrove, Save Earth' dapat menjangkau segala lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, yang kaya maupun yang miskin," kata Tomy Winata.

Sejak 16 tahun lalu, Tomy Winata telah melakukan konservasi di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), suatu kawasan konservasi dan rehabilitasi bagi satwa liar dan langka, hutan, flora dan fauna, laut serta terumbu karang. Tambling Wildlife Nature Conservation yang terletak di semenanjung selatan Pulau Sumatera, meliputi areal hutan seluas 44.500 hektar dan areal konservasi laut seluas 14.500 hektar. TWNC memiliki sekitar 3.000 hektar hutan mangrove yang berada di dua danau, serta terkenal dengan kepeduliannya menyelamatkan dan merehabilitasi Harimau Sumatera yang berada diambang kepunahan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)