Ini Jembatan Stakeholders Menjalankan CSR

Aktivitas suatu badan usaha tidak pernah terlepas dari kondisi masyarakat sekitar dan lingkungannya. Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) pun semakin digalakkan, tidak hanya oleh badan usaha, tapi juga oleh pemerintah, BUMN dan BUMD.

20160615_163437-640x480

Namun menurut Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, Ketua Umum Frum CSR Kessos RI 2016-2020 bahwa terdapat beberapa kendala dan tantangan dalam pengimplementasian program CSR. Beberapa di antaranya adalah program yang cenderung jalan sendiri-sendiri. Hal ini dikarenkan kurangnya koordinasi antar pihak, data dan informasi valid terkait program CSR yang terbatas, kesadaran CSR yang masih belum terlalu kuat dan merata, serta target dan sasaran yang belum terfokus dan terukur.

Dari tantangan dan kendala di atas, maka pemerintah dan dunia usaha merasa memerlukan adanya lembaga yang berperan sebagai jembatan dan sumber informasi serta kompetensi yang  terpercaya bagi semua pemangku kepentingan. Oleh karena Forum CSR Kessos dibentuk sebagai wadah koordinasi, fasilitasi dan konsolidasi para pemangku kepentingan.

Forum CSR Kessos yang sudah masuk periode kedua ini merupakan forum resmi CSR Kesejahteraan Sosial di bawah Kementerian Sosial. “Di tahun 2016 akan ada 9 program yang akan digulirkan dengan sebutan 9 Program Prioritas/Nawacita,” kata Iyuk Wahyudi, Sekjen Organisasi Forum CSR.

Beberapa program di antaranya adalah konsolidasi internal, identifikasi, verifikasi, validasi dan perbaikan sistem database forum. Lalu, identifikasi dan penyusunan peta masalah sosial yang layak untuk menjadi sasaran dan pertimbangan penyusunan program CSR skala nasional maupun lokal. Juga, melakukan kajian dan riset tentang berbagai masalah sosial dan inovasi program CSR.

Yang akan terlibat dalam forum ini adalah korporasi baik itu BUMN, BUMD maupun swasta. Bahwa untuk CSR ini mengambl posisi sebagi satu-satunya forum CSR yang  fokus pada penanganan kesejahteraan sosial, contoh kemiskinan dan keterpencilan.

“Ini merupakan amanah dari Permensos, murni digagas oleh Kementerian Sosial. Tujuannya untuk menggali potensi-potensi yang sebenarnya masih banyak terpendam demi membantu pemerintah  menanggulangi permasalahan sosial,” kata Sarman Simanjorang, Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Kelembagaan Forum CSR Kessos.

Ke depan, dengan  terbentuknya forum CSR, termasuk seluruh perangkat dan perundangannya, diyakini, perjuangan membantu pemerintah dalam menjalankan tugas keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan semakin baik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)