Lewat Sepak Bola dan Basket, Permata Bank Edukasi Finansial Dasar

Sejalan dengan program CSR PermataHati yang berfokus pada pendidikan, Permata Bank dan ASA Foundation menyelenggarakan “Financial Literacy Through Sports” (FITS), sebuah program pendidikan finansial dasar yang dikombinasikan dengan kegiatan olahraga, ditujukan khusus bagi anak-anak kurang beruntung, usia 11-14 tahun.

Pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai financial literacy yaitu kemampuan untuk mengerti dan mengelola finansial, masih berada di belakang negara-negara Asia lainnya. Orangtua Indonesia hanya membicarakan topik finansial bersama anak-anaknya selama lima hari dalam setahun. Sementara rendahnya financial literacy merupakan salah satu akar penyebab krisis finansial di AS.

David Fletcher, Direktur Utama Permata Bank, mengatakan, melalui program FITS ini akan mendesain program yang menarik bagi anak-anak di mana mereka dapat belajar mengenai financial literacy dengan cara yang menyenangkan.

“Kami percaya metode ini akan dapat bekerja secara efektif untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai pendidikan finansial dasar, pembentukan karakter dan budi pekerti, serta ketrampilan dan kemampuan teknis dalam olahraga sepak bola dan basket,” kata David Fletcher akhir pekan lalu.

Sedangkan Lee Hawkins, Technical Manager ASA Foundation menjelaskan, program financial literacy melalui olahraga ini merupakan program yang pertama yang pernah kami lakukan. Program ini sangat unik dan animo dari anak-anak komunitas di daerah BSD dan juga anak-anak yang kurang beruntung di sekitar Jakarta International School (JIS), sangat baik.

“Mereka sangat gembira dan bersemangat mengikuti program FITS karena mereka dapat belajar sambil bermain, mengasah ketrampilan dan mengkombinasikannya dengan kegiatan olahraga profesional melalui pembinaan tim sepak bola untuk anak laki-laki dan basket untuk anak perempuan,” kata Lee Hawkins.

Program FITS diselenggarakan setiap Selasa pukul 15:00-17:00 WIB di JIS, dan akan terus berlanjut sampai sembilan bulan kedepan, terdiri dari kegiatan indoor (pelatihan di ruang kelas mengenai keuangan/finansial dasar) maupun outdoor (coaching clinic, festival dan mini turnamen).

FITS diikuti oleh anak-anak dari Yayasan Unawul Huda dan Yayasan Rama Rama,  40 anak laki-laki akan belajar sambil bermain sepak bola dan 20 anak perempuan akan belajar sambil bermain basket.

Sesi pertama telah dimulai pada tanggal 9 April 2013 dengan partisipasi aktif para karyawan PermataBank sebagai volunteer dan juga siswa JIS yang tergabung dengan ASA Master Trainers sebagai asisten pelatih yang merupakan bagian dari Kegiatan Layanan Siswa JIS. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)