Line Akuisisi 20% Saham Bank KEB

Line Financial Asia akan mengakuisisi 20% saham di PT Bank KEB Hana Indonesia (PT Bank KEB Hana) untuk memperluas layanan perbankan digital di Indonesia.

Dalam acara penandatanganan yang diadakan di Seoul, eksekutif dari kedua perusahaan menyatakan komitmen mereka untuk bekerjasama dalam menjadi pemimpin di pasar digital finance di Indonesia dan di wilayah Asia lainnya.

Melalui perjanjian ini, Line Financial Asia akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di PT Bank KEB Hana, menambahkan perbankan digital sebagai bagian dari ragam layanan dan konten Line yang dinikmati oleh penggunanya di Indonesia.

Dengan populasi sekitar 260 juta jiwa dan terdiri dari 18 ribuan pulau, masih terdapat daerah-daerah di Indonesia yang tidak terjangkau oleh jasa perbankan. Di lain sisi, jumlah pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia telah melebihi 100 juta orang dengan penggunaan jejaring media sosial atau Social Network Service (SNS) yang sangat tinggi, sehingga memiliki potensi perkembangan perbankan digital yang tinggi.

Bagi PT Bank KEB Hana, perjanjian ini diharapkan dapat menghasilkan ragam efek yang positif, seperti mendapatkan nasabah potensial dari basis pengguna Line yang tinggi. Kedua, penyesuaian portofolio dan meningkatkan dana simpanan dengan bunga rendah melalui penguatan retail banking. Ketiga, memperkuat kemampuan digital marketing melalui kekuatan merek, teknologi, konten dan keterampilan Line.

Sedangkan bagi Line Financial Asia, perjanjian ini memperkuat posisi perusahaan di Indonesia dan di tingkat global seiring dengan pertumbuhannya sebagai penyedia layanan fintech dan perbankan digital. Bersama-sama, kedua perusahaan juga berencana untuk menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit untuk Indonesia seperti deposito/kredit mikro, serta layanan pengiriman dan pembayaran, melalui proyek-proyek dengan lembaga pemeringkat kredit lokal dan internasional, menciptakan proses verifikasi identitas (e-KYC) yang dioptimalkan untuk peraturan lokal, dan langkah lainnya.

“Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia,” ujar In Joon Hwang CEO Line Financial Asia. Menurutnya, perjanjian ini merupakan langkah yang penting dalam menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech.

“Kami percaya bahwa teknologi digital Line dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model financial baru yang dimulai di Indonesia,” jelas Lee Hwa-Soo Direktur Utama PT Bank KEB Hana.

Lime Financial Asia akan secara resmi melakukan finalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan, dan segera mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diperkirakan tersedia di tahun 2019.

Dengan Line memperluas operasi fintech di Indonesia, kini sedang mencari talenta global untuk bergabung, dengan posisi yang dibuka di berbagai macam area seperti pengembangan bisnis, perencanaan layanan dan manajemen.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.saa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)