Marga Mandala Sakti Akan Wujudkan Jalan Tol Free Flow Transaction


Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (salah satu anak usaha PT Astra Internasional, Tbk), Wiwiek D. Santoso, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan tim untuk menwujudkan layanan jalan tol dengan sistem free flow transaction. “Mungkin kami baru akan mulai bangun di awal tahun depan, sekarang masih siapkan timnya dulu,” ujar Wiwiek saat ditemui di acara Seminar Innovnation yang di adakan PT Astra Internasional, Tbk.

Menurut Wiwiek, nantinya dengan sistem layanan free flow transaction tersebut, diharapkan akan semakin mempersingkat waktu transaksi di pintu tol. “Saat ini rata-rata orang menghabiskan 4-5 detik di loket pembayaran, belum lagi melaju lambat menuju loket dan keluarnya, total sekitar 2 menit, dengan sistem ini waktunya bisa dipangkas setengahnya,” jelasnya.

Dalam sistem tersebut nantinya tidak ada lagi perbedaan pintu gerbang untuk setiap golongan kendaraan. Semua kendaraan bisa masuk dari pintu manapun, hanya letak slot keluarnya kartu yang disesuaikan dengan tinggi kendaraan melalui sistem sensor.

Untuk mewujudkan sistem tersebut, Wiwiek mengatakan butuh dukungan penuh dari pemerintah juga. “Karena tidak bisa hanya dari bdan usaha seperti kami, banyak hal seperi regulasi yang juga harus disiapkan dari pemerintah,” ujarnya.

Menuju implementasi sistem free flow transaction, saat ini Marga Mandala Sakti sudah mulai menjalankan sistem cashless transaction di empat pintu tolnya yakni Cikupa, Balaraja, Serang dan Merak. “Bertahap akan diterapkan untuk semua ruas tol kami, dan kalau nanti jadi free flow kan juga harus kami hitung supaya tidak banyak mubazir,” ungkap Wiwiek.

Tak hanya transaksinya, tol yang dikelola Marga Mandala Sakti juga telah banyak berbenah dengan strategi membaca moment of truth, “Kami eksplor apa saja kebutuhan pengguna jalan tol untuk bisa mendapatkan kondisi yang lancar, aman dan nyaman?” jelas Wiwiek. Implementasi dari strategi tersebut diantaranya menggunakan pagar jalan tol dari bahan yang punya daya lenting sehingga tidak terlalu merusak bdan kendaraan jika terjadi benturan karena kecelakaan. Selain itu, ada Rumble Dot, ini adalah semacam marka jalan yang bisa membantu mengingatkan kendaraan yang keluar dari jalur saat sopir lalai.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)