MPMX Rampungkan 100% Divestasi Strategis di Bisnis Pelumas

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)sudah menyelesaikan divestasi strategis 100% sahamnya di bisnis pelumas perusahaan, PT Federal Karyatama (FKT) kepada Esso Petroleum Company, Limited dan ExxonMobil UK Limited (ExxonMobil) dengan nilai keseluruhan transaksi  US$ 436 juta.

Penyelesaian transaksi ini ditandai oleh penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham di Jakarta oleh dan antara Perseroan dan ExxonMobil pada tanggal 28 Juni 2018 setelah memenuhi semua persyaratan untuk penyelesaian transaksi di kuartal kedua 2018, termasuk di dalamnya persetujuan BOD dan BOC MPMX dan persetujuan para pemegang saham yang diperoleh melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 6 Juni 2018. Serta persetujuan dan pemberitahuan kepada semua instansi yang berwenang.

“Kami bersyukur dalam mengumumkan penyelesaian transaksi ini, dan menyambut ExxonMobil sebagai pemilik baru FKT. FKT adalah pemimpin pasar dalam industri pelumas otomotif dengan brand Federal Oil dan Federal Mobil. Setelah 30 tahun berdiri, kami percaya bahwa FKT akan dapat meraih jenjang yang lebih tinggi melalui transaksi ini,” ujar Rudy Halim, Grup CEO MPMX.

Rudy menambahkan,  transaksi ini juga menegaskan kembali komitmen MPMX untuk terus menggali nilai-nilai yang terpendam dalam perusahaan (unlocking value) supaya dapat memberikan nilai lebih kepada pemegang saham berupa apresiasi modal dan pembagian dividen yang unggul secara konsisten. Pengembalian modal (return on capital) akan melebihi nilai perusahaan (enterprise value) secara keseluruhan pada saat ini.

Di masa depan, hasil dari transaksi ini akan memungkinkan  perusahaan untuk memperkuat dan menumbuhkan bisnis  MPMX yang ada sekarang serta memampukan perusahaan untuk berinvestasi di segmen mobilitas yang bertumbuh cepat sehingga MPMX dapat bertumbuh setidaknya 10% (YoY) dalam EBITDA perusahaan secara keseluruhan dari tahun 2019 dan seterusnya, tentunya tanpa mengesampingkan kemungkinan terjadinya hal-hal tidak terduga diluar kendali perusahaan.

Fokus MPMX pada penjagaan arus kas operasional agar tetap positif dan bertumbuh juga telah membantu perusahaan mencapai saldo kas yang lebih tinggi yaitu sekitar Rp1,3 Triliun pada kuartal pertama 2018.  Tahun ini, sebagian dari hasil transaksi ini akan digunakan untuk membayar sebagian dari hutang MPMX, supaya perusahaan dapat memastikan penggunaan kelebihan saldo kas secara produktif dan juga untuk mendistribusikan dividen kepada Pemegang Saham.”Transaksi ini akan mempercepat transformasi MPMX secara keseluruhan supaya perusahaan dapat terus bersaing dan tetap menghasilkan keuntungan yang unggul secara berkesinambungan (sustainable superior profits) untuk jangka waktu yang lama di masa depan.

Melanjutkan visi MPMX yang ditetapkan pada tahun 2016, perusahaan telah merubah fokus dari pipeline ke platform ecosystem strategy, dengan memusatkan upaya pada pemecahan permasalahan utama dan mengurangi ataupun menghapus inefisiensi dalam rantai pasokan (supply chain). MPMX akan terus secara selektif menggunakan modal belanja pada ROI yang lebih tinggi, dan model bisnis yang dimampukan oleh teknologi (technology-enabled business model) untuk mendukung Perseroan menghasilkan dampak yang lebih tinggi terhadap ekosistem bisnis dan para pemangku kepentingan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)