Peduli Program Peningkatan Gizi Balita, Indomaret Gandeng UNICEF

Berdasarkan data riset kesehatan dasar yang dilaksanakan Litbangkes Kementerian Kesehatan 2010 menunjukkan 36% atau 1 dari 3 balita di Indonesia bertubuh pendek, sebagai akibat gangguan pertumbuhan yang terjadi pada balita di mana penambahan tinggi badan tidak sesuai dengan penambahan umur. Sebenarnya, kejadian balita pendek bisa dicegah sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun dimana sejak pra kehamilan seorang ibu harus mempunyai berat badan yang cukup sesuai dengan tinggi badannya agar selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang agar berat badannya ideal selama kehamilan.

Menurut Sinarman Jonatan, Dirut PT Indomarco Prismatama –pengelola Indomaret, Indomaret menyadari masih banyak anak Indonesia yang akan menghadapi risiko ini dan memutuskan menggandeng UNICEF untuk menyalurkan bantuan kemanusian untuk program peningkatan gizi balita sebesar Rp 4,6 miliar. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Sinarman Jonatan kepada Angela Kearney Country Representative UNICEF Indonesia, di kantor UNICEF Wisma Metropolitan II, Jakarta.

Ia menambahkan program kemanusia ini bukan yang pertama dilakukan Indomaret, sebelumnya Februari 2012 Indomaret telah bekerjasam dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendukung program kemanusian. Indomaret akan terus bermitra dengan organisasi kemanusiaan yang kredibel di Indonesia untuk menyalurkan dana yang dihimpun dari pelanggannya. Program penggalangan dana ini mengajak konsumen peduli kepada warga lain yang kurang beruntung, dengan cara menyumbang uang berapa pun nilainya dan tidak sekali saja.

Menurut Wiwiek Yusuf, Direktur Pemasaran Indomaret, bantuan yang dihimpun Indomaret berasal dari sumbangan konsumen Indomaret selama 3,5 bulan (15 Mei-30 September 2012). Pengumpulan donasi dilakukan 3 cara yaitu konsumen menyumbang dari uang kembalian, konsumen menambahkan jumlah uang kembalian langsung di kasir dan konsumen bisa berdonasi tanpa harus belanja melalui outlet Indomaret yang tersebar di Jawa, Bali, Lombok, Madura, Sumatera dan Sulawesi. Program peningkatan gizi anak difokuskan di kabupaten Pemalang, Jawa Tengah karena angka balita pendek mencapai 40%, dan melebihi data nasional.

Kemitraan ini memungkinkan siapa saja member kontribusi kecil untuk mencapai hasil yang besar, karena setiap rupiah benar-benar bermakna. Kami menghargai dukungan dari Indomaret dan pelanggan dalam membantu kami untuk memperbaiki kehidupan anak-anak Indonesia yang tak terhitung jumlahnya di seluruh Indonesia,” kata Angela.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)