PTPN Holding Mereposisi LPP Perkebunan | SWA.co.id

PTPN Holding Mereposisi LPP Perkebunan

Upaya tim manajemen baru PT Perkebunan Nusantara (PTPN Holding) untuk mentransformasi perusahaan tampaknya akan dijalankan secara simultan. Termasuk di dalamnya ialah membenahi sisi pengelolaan dan pengembangan SDM.

Manajemen PTPN meyakni, ide-ide perubahan yang sudah disusun hanya akan terwujud dengan baik bila mendapat dukungan penuh dari SDM yang menjalankannya. Tak heran bila saat ini manajemen PTPN tengah benah-benah di bidang SDM. Salah satu lini SDM yang kini sedang dikembangkan ialah pada salah satu unitnya yang selama ini melayani bidang pendidikan, Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) yang berada di kota Yogyakarta.

“LPP Perkebunan selama ini sudah punya kualitas bagus, tapi sayangnya yang memakai justru perusahaan-perusahaan lain. Kita di PTPN Group belum maksimal memanfaatkannya. Ini yang akan kita ubah dan kita jadikan positioning LPP Perkebunan sebagai corporate university bagi PTPN,” jelasĀ Elia Massa Manik, Presiden Direktur PTPN Holding saat ditanya SWA Senin siang (10/1) di LPP Perkebunan Yogyakarta.

Elia Massa Manik, Presiden Direktur PTPN Holding

 

Massa Manik menjelaskan, selama ini PTPN nyaris belum menjalankan corporate university dengan baik, sebab itu tim manajemen baru bertekad untuk mulai serius mengembangannya mengingat hal itu sebagai salah satu pilar penting untuk menghasilkan SDM berkualitas.

Di lain sisi PTPN Group sebenarnya sudah punya LPP (termasuk di dalamnya Polyteknik Perkebunan Yogyakarta) yang di kalangan pelaku industri perkebunan sudah sangat dikenal. Namun, sayangnya, sejauh ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan internal.

“Ini kan ironis, internal kita butuh tapi kok kita punya lembaga yang baik tapi tidak dimaksimalkan pemanfaatannya. Justru banyak perusahaan swasta yang menggunakan jasanya,” tunjuk Massa Manik.

Sinyalemen Massa Manik tentu saja benar. Selama ini LPP Perkebunan Yogyakarta memang dikenal sebagai pioner pendidikan di bidang pendidikan perkebunan di Indonesia dan menjadi mitra penting perusahaan swasta besar sekelas Indoagri dan Sinarmas dan sudah menghasilan ribuan alumni.

Guna menjadikan LPP Perkebunan sebagai corporate university, tim manajemen PTPN Holding sudah siap dengan segala konsekuensinya. Salah satunya soal anggaran. Agar bisa fokus dalam mengembangkan tim internal di Group PTPN yang terdiri dari 14 perusahaan itu, manajemen sudah memutuskan untuk menggelontorkan dana tambahan ke LPP Perkebunan sebesar Rp 25 miliar untuk tahun pertama (2017) sebagai tambahan anggaran pendidikan.

“Ini hanya untuk tahun pertama lho, sambil kita lihat progressnya nanti bagaimana,” sambung Massa Manik. Tambahan dana Rp 25 miliar itu diharapkan bisa membantu kelancaran kegiatan LPP yang selama ini membutuhkan anggaran tahunan sekitar Rp 65 miliar per tahun.

Sebagai konsekuensi dari reposisi itu, LPP Perkebunan juga sudah diminta untuk mendesain kembali (redesign) konten pengajarannya agar lebih sesuai kebutuhan group, baik untuk materi pengembangan SDM level, yunior, madya maupun puncak.

Untuk itu, pada Senin, seluruh direksi dari 14 anak usaha PTPN Holding dikumpulkan di Yogyakarta untuk memberikan masukan sekaligus meresmikan perintisan corporate university tersebut. Di lain sisi, Massa saat itu juga dengan tegas meminta komitmen para direksi di semua anak usaha untuk segera mengirimkan karyawan-karyawan terbaiknya agar mengikuti berbagai paket program pengembangan SDM yang sudah disediakan LPP Perkebunan.

Lebih lanjut Massa menjelaskan, program pengembangan pendidikan melalui LPP ini diharapkan bisa mengontribusi 20% dari konten ajar program pengembangan seorang leader di PTPN Group.

“Bagaimanapun juga, pengembangan kepemimpinan para talent itu 80% ditentukan di masing- masing perusahaan, pada pekerjaan dan jabatannya. Yakni dalam bentuk bagaimana para atasan memberikan ruang ke anak buah untuk berkembang, mendorong untuk berani mengambil keputusan dan resiko, memberikan tugas-tugas yang menantang, dan sebagainya.

“Jadi mari kita bangun ekosistem yang mendukung bagi pengembangan talent muda kita untuk berkembang membangun PTPN yang lebih baik kedepan,” pesan Massa kepada para direksi anak usaha.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ningsih
Sepatu Kulit Ikan Besutan Ningsih

Mencari nilai pembeda agar produk digandrungi pasar menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pengusaha. Mewujudkannya pun tidaklah mudah. Namun, Ningsih terbukti...

Close