Rencana Besar Yohanes Riyadi Kembangkan YR Musikindo

Ketika industri musik di Tanah Air sedang redup, berbagai cara dilakukan perusahaan rekaman/label untuk bertahan. Misalnya mulai dari penetrasi ke pasar musik digital ataupun merangkap bisnis manajemen artis.

Hanya saja bisnis manajemen artis tidak semudah yang dibayangkan. Banyak artis yang mengeluh saat berada di dalam naungan manajemen. Mulai dari potongan honornya terlalu besar, tidak mengembangkan artis secara maksimal dan lain-lain. Meski begitu, ada juga label yang berhasil.

Di tengah kegalauan industri musik, Yohanes Riyadi justru tertarik membuat label musik yaitu YR Musikindo. Rencana label musik tersebut akan dilaunching 24 Agustus mendatang. "Saya yakin industri musik Indonesia akan bangkit dalam 2-3 tahun ke depan," katanya.

Yohanes telah melakoni hobi bermusik sejak kecil. Kinim ia ingin ikut memajukan musik Indonesia dengan membangun bisnis industri musik yang akan menciptakan musisi dan penyanyi baru yang berkualitas di bawah bendera YR Musikindo.

IMG-20160610-WA0001

Seiring hobi, punya perusahaan rekaman merupakan mimpi pengusaha konstruksi ini sejak kecil. Untuk mewujudkan mimpinya, ia rela merogoh kocek hingga US$10 juta untuk investasi membuat YR Musikindo.

Untuk memperkuat timnnya, ia menggandeng beberapa mitra seperti Sandip Goyal, Patrick Tan, Aga dan Deri. Yohanes dan Sandip sudah memperhatikan sejak lama peluang pasar bisnis musik dan entertainment masih sangat besar di Indonesia.

Melihat hal serupa di Amerika dan Eropa, dunia showbiz di Indonesia akan berkembang mengikuti jaman seiring jumlah penduduk yang besar, sekitar 250 juta. YR Musikindo tak hanya menggeluti musik, tapi juga akting, manajemen artis, Production House, Event Organizer dan showbiz investasi.

Mereka sedang melakukan audisi untuk mendapat talent yang diharapkan menjadi artis andalan. Ada dua artis dangdut yang akan menjadi andalan, salah satunya teleh meneken kontrak yakni Angel V yang dikenal dengan lagunya Gara-Gara Facebook dan Goyang Bebek. Yang satu lagi adalah duo dangdut.

YR Musikindo akan masuk ke semua genre sehingga peluang mendapatkan talent berkarakter kuat sangat besar. Untuk menggandeng talent, mereka menggunakan banyak pola. Seperti full sign dan ada juga yang titip edar.. "Untuk sistem kontrak akan dilakukan selama 3 tahun," kata Yohanes.

Strategi promosi akan fokus via radio, TV dan juga media sosial. Targetnya adalah menjaring follower dan viewer ratusan ribu atau kalau bisa jutaan yang akan dimaintence sebagai fans based artis. Alasannya, keberadaan fans menentukan eksistensi para artis.

Strategi lain adalah lewat event, menggandeng sponsor dan konser. Tidak menutup kemungkinan tahun depan YR Musikindo akan menggelar konser musisi-musisi ternama dari mancanegara. Harapannya, artis YR Musikindo bisa bersaing dengan artis dari luar negeri.

"YR Musikindo akan berbeda dengan artis manajemen lainnya. Kami tidak hanya memikirkan keuntungan tapi juga untuk sosial," kata Yohanes.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)