Sinergi DHL - Shell Bidik Pasar UKM

      Sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara yang sangat menjanjikan untuk investasi. Salah satu investasi yang banyak dilakukan adalah di sektor UKM. Menurut data yang diterbitkan oleh Asian Development Bank pada Februari 2015, kontribusi UKM terhadap Product Domestic Brutto (PDB) mencapai 50%. Apalagi dengan didukung banyaknya marketplace yang tersedia, industri ini terlihat tumbuh subur.

P_20160329_204042-640x360Makin banyaknya jumlah pelaku bisnis serta UKM online tentunya akan berdampak pula pada usaha logistik. Salah satu yang terdampak adalah bisnis jasa pengiriman cepat. Bagaimana tidak, jasa kurir dapat dikatakan sebagai pembuluh nadi untuk menghidupkan industri ini. Apalagi, bisnis ini ke depannya tidak lagi hanya bermain di ranah domestik saja, tapi akan keluar ke pasar Internasional. Terbukanya peluang ini membuat perusahaan jasa pengiriman cepat berlomba mengembangkan bisnisnya, salah satunya DHL. Sebagai perusahaan penyedia layanan logistik internasional yang sudah lama di Indonesia, DHL terus mengembangkan sayapnya.

Setelah bekerja sama dengan Seven Eleven beberapa waktu silam, kali ini DHL mengembangkan bisnisnya dengan bekerja sama dengan Shell. Kerja sama ini dilakukan dengan merilis DHL Service point yang akan beroperasi di seluruh jaringan Shell di Indonesia. Sebagai langkah awal, akan diresmikan 5 gerai berbentuk container 20 kaki untuk area Jakarta dan Bandung. Adapun alasan DHL pilih Shell sebagai partner adalah adanya kesamaan visi dan misi dari DHL dan Shell dalam memperkuat pasar Indonesia dan global.

"Sebetulnya kerja sama ini tidak hanya karena DHL Ekspress punya warna yang sama. Tapi lebih ke visi dan misi yang sama dalam memperkuat jaringan dan pasar di Indonesia. Selain itu, kerja sama ini kami rasa dapat memberikan akses dan kenyamanan lebih baik pada pengalaman pelanggan kami" ujar Ahmad Mohammad, Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia.

Hal tersebut juga diamini oleh Wahyu Indrawanto, Shell General Manager Retail Indonesia, Singapura dan Hong Kong. Ia menilai sinergi ini tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak, khususnya dalam melakukan pelayanan pada customer. "Kerjasama dengan DHL Ekspress memungkinkan kami untuk memulai inisiatif dalam menjawab kebutuhan pelanggan akan solusi satu atap. Service poin ini akan menjadi nilai tambah bagi kami selain bahan bakar yang berkualitas. Juga, sebagai bentuk komitmen kami terhadap meningkatkan pengalaman pelanggan kami," ujar Wahyu.

Membidik pelaku UKM dan bisnis online, dengan masuknya DHL Ekspress di gerai-gerai Shell diharapkan dapat membantu dan memberikan kenyamanan dalam layanan pengiriman. Dengan tersedianya layanan pengiriman cepat bertaraf internasional di tengah masyarakat, Ahmad berharap industri UKM dapat tumbuh sehingga berdampak pada ekonomi Indonesia.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)