Wuling Motors Investasi Bangun Pabrik Senilai US$700 Juta

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan pabrik Wuling, di Cikarang, Jawa Barat, tahun 2015 silam Prosesi peletakan batu pertama pembangunan pabrik Wuling, di Cikarang, Jawa Barat, tahun 2015 silam

Pasar otomotif Indonesia semakin bergairah dengan masuknya Wuling Motors ke dalam pasar otomotif Indonesia. Menurut Xu Feiyun, Presiden Wuling Motors, mobil asal Tiongkok ini sedang membangun pabrik dan supplier dengan skala 1: 500 di Cikarang, Jawa Barat.

“Pabrik ini sudah dibangun sejak tahun lalu dan sudah mencapai 60% proses pembangunan. Rencananya akan mulai beroperasi di tahun 2017 degan produk pertama MPV,” jelas Xu Feiyun. Pabrik dan supplier seluas 60 hektare tersebut rencanya akan memiliki kapasitas produksi sebesar 150.000 kendaraan per tahun.

Pabrik dengan nilai investasi sebesar us$ 700 juta ini akan memiliki dua faslitias utama, yaitu pabrik seluas 30 hektare dan untuk supplier park dengan luas yang sama. Xu Feiyun berharap bahwa pabrik tersebut akan mampu menyerap 3.000 lapangan pekerjaan masyarakat lokal.

Salah satu upaya yang ditempuh dalam menarik minat pencari kerja adalah dengan mendirikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Otomotif Indonesia-Tiongkok di Karawang. Pihak Wuling Motors bekerjasama dengan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah Cikarang.

Wuling Motors juga akan memberikan beasiswa kepada 63 pelajar Indonesia yang berprestasi dalam melanjutkan pendidikan mereka ke Tiongkok. Juga, bekerja sama dengan 20 podusen komponen lokal dan membawa 15 pemasok komponen ke dalam supplier park dalam lokasi pabrik.

Selain persiapan peluncuran produk, Wuling juga telah menyiapkan layanan dealer untuk menyokong penjualan, layanan, serta ketersediaan, suku cadang di seluruh Indonesia. Wuling menargetkan akan ada 50 dealer yang akan dibuka pada tahun pertama setelah peluncuran mobil.

Wuling merupakan merek di bawah SAIC GM Wuling Automobile Co., Ltd (SGMW) di Tiongkok dengan volume penjualan 2.040.007 unit di 2015. Wuling juga menjadi produsen otomotif pertama dengan produksi tahunan diatas 2 juta unit di Tiongkok.(EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)