YCAB dan Microsoft Dorong Lulusan Sekolah Menengah Masuki Dunia Kerja

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation bekerja sama dengan Microsoft Indonesia menggelar “Job Fair 2016: Enable, Engage, Realize” pada tanggal 10-11 Mei 2016 di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, dengan menghadirkan 25 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan khusus untuk lulusan SMA dan SMK.

Sekretaris Jenderal YCAB Foundation Muhammad Farhan. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemnakertrans Suhartono, dan Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia Ruben Hattari. Sekretaris Jenderal YCAB Foundation Muhammad Farhan. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemnakertrans Suhartono, dan Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia Ruben Hattari.

Sejak tahun 2015, YCAB Foundation telah didukung oleh Microsoft Indonesia untuk memberikan pelatihan soft skill kepada 10.000 siswa SMA dan SMK agar dapat mengembangkan kapasitas diri serta mendapatkan pekerjaan. Di antaranya pelatihan membuat CV hingga pelatihan bersikap saat wawancara kerja.

Usaha tersebut dilakukan oleh YCAB Foundation untuk membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Sebab, berdasarkan Badan Pusat Statistik jumlah pengangguran di Indonesia per Agustus 2015 mencapai angka 7,56 juta orang dengan 3,85 juta diantaranya merupakan lulusan SMA dan SMK. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah menekan angka pengangguran hingga 4-5 persen pada tahun 2019 mendatang.

Menurut Muhammad Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB Foundation, syarat yang diperlukan calon tenaga kerja tidak hanya kemampuan untuk bekerja, tetapi juga kemampuan dalam mencari kerja. “Pemanfaatan teknologi informasi penting bagi para pencari kerja untuk meningkatkan nilai jual mereka dalam mencari pekerjaan. Ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan oleh YCAB Foundation dalam rangka memperkaya soft skill dan pengalaman langsung para pencari kerja,” ujar Farhan di Wisma Serbaguna Senayan (10/5).

Selain menggelar job fair, Microsoft Indonesia juga menghadirkan portal GenerasiBisa.id yang bertujuan untuk memudahkan lulusan SMA dan SMK dalam mencari lowongan kerja. Tak hanya itu, para pencari kerja juga dapat mengikuti kelas pelatihan dan mengakses artikel-artikel online secara gratis.

“Portal GenerasiBisa.id memiliki fungsi sebagai sarana mempertemukan job seeker dan job giver, kursus online dengan modul pembelajaran yang bisa diunduh secara gratis dan mentorship dari para pelaku industri untuk memberi bimbingan bagi para pencari kerja baru,” ungkap Ruben Hattari, Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia.

Adapun beberapa perusahaan yang ikut serta dalam job fair ini di antaranya Microsoft Indonesia, Kompas Gramedia, Paragon Technology & Innovation, Planet Ban, Indomaret, The Body Shop, PT Kawan Lama Sejahtera (Ace Hardware), Home Credit, Mitra 10, Mandala Multi Finance, dan perusahaan ritel lainnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)