Dua Lembaga Ini Gencarkan Kampanye Investasi Reksa Dana

Tokopedia tawarkan investasi reksadana mulai Rp 10.000.

Tokopedia berkolaborasi dengan Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI) yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) gencar mengampanyekan #InvestasiAjaDulu. Kolaborasi ini merupakan proses yang berkelanjutan sekaligus dukungan terhadap gerakan nasional #PasarUanginAja yang diluncurkan oleh OJK.

Kolaborasi ini menurut AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, merupakan bagian dari Gerakan Money Market Fund (GM2F) yang dicanangkan oleh APRDI dan pelaku industri pengelolaan investasi, serta berfokus pada edukasi perihal investasi dan manajemen keuangan demi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat Indonesia.

Kampanye ini juga merupakan salah satu strategi Tokopedia untuk meningkatkan semangat investasi di tengah masyarakat Indonesia demi mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital.

“Melalui kampanye ini, kami menargetkan peningkatan literasi keuangan di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga, lewat serangkaian kegiatan edukasi yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai investasi serta manajemen keuangan dalam mempersiapkan masa depan mereka,” ujar Samuel di Gedung IDX, Jakarta, (18/11/2019).

Kegiatan edukasi pertama kali ini mengangkat tema “Investasi Dana Impian untuk Masa Depan dengan Reksa Dana” yang membahas pentingnya mempersiapkan rencana keuangan untuk masa tua sejak dini. Ke depannya, kata Samuel, kolaborasi ini akan menghadirkan beragam kegiatan yang bisa meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Minat masyarakat untuk berinvestasi ternyata terus bertumbuh. Faktanya, investasi reksa dana menjadi salah satu yang diminati oleh masyarakat karena dapat dimulai dengan modal terjangkau dan risiko yang relatif rendah. Dengan adanya inovasi yang mempermudah masyarakat untuk berinvestasi lewat platform digital, seperti Tokopedia, kami berharap investasi mikro seperti reksa dana dapat terus bertumbuh secara sehat,” ujar Presidium Dewan APRDI, Prihatmo Hari Muljanto.

Di Tokopedia, kata Samuel, produk investasi mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Tokopedia Reksa Dana misalnya, transaksi dan jumlah investor masing-masing meningkat hingga 1,5 kali lipat pada September 2019, jika dibandingkan dengan Maret 2019.

Samuel menuturkan, Tokopedia menawarkan sederet kemudahan untuk masyarakat dalam berinvestasi. Selain bisa dilakukan hanya lewat telepon genggam kapan pun di mana pun, berinvestasi juga bisa dilakukan dengan harga mulai dari Rp10.000 lewat Tokopedia Reksa Dana. "Kami juga memastikan keamanan dalam berinvestasi karena para mitra penyedia layanan keuangan digital yang terhubung telah diawasi oleh OJK. Berbagai nilai tambah ini membuat layanan investasi reksa dana lewat Tokopedia terus mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat,” tambah Samuel.

Hasil studi berjudul “Dampak Tokopedia terhadap Perekonomian Indonesia” oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2018-2019 menyebutkan, bahwa Tokopedia telah membantu 78% pengguna menjadi lebih paham terhadap produk investasi digital. Selain itu, 82% dari pengguna juga menjadi semakin paham dalam menggunakan dompet digital.

"Hasil ini menunjukkan bukti kontribusi positif Tokopedia dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," lanjut Samuel.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)