Marketing Capital Market & Investment zkumparan

Dyandra Genjot Event di Semester II/2019 Ini

Dyandra Genjot Event di Semester II/2019 Ini
IPA Convention dan Exhibiton 2019 merupakan salah satu portofolio acara yang digelar oleh Dyandra. (Foto : Istimewa)

PT Samudra Dyan Praga, anak perusahaan PT Dyandra Media International Tbk (DYAN), pada Senin pekan ini memulai pembangunan atau peletakan batu pertama (groundbreaking) Paviliun Indonesia di World Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab, di lahan seluas 1.860 m2 dan terletak di dalam Zona Opportunity. Bangunan paviliun ini akan terdiri dari 3 lantai dengan total luas bangunan kurang lebih 3.000 m2. Estimasi pengerjaan konstruksi paviliun ini adalah 1 tahun sampai dengan Agustus 2020.

World Expo 2020 Dubai ini akan diselenggarakan mulai 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di kawasan Dubai Selatan (Dubai South District) yang menempati area seluas 438 hektar dan menampilkan peserta dari 190 negara. Hariman Zagloel, Direktur Utama Samudra Dyan Praga dan Direktur DYAN. meninjau dan melakukan supervisi langsung ke Dubai untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar dan pembangunan sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan.

Hariman menambahkan, Samudra Dyan Praga berkomitmen untuk memberikan performa terbaik dan fokus untuk mengerjakan proyek ini serta menugaskan tim terbaiknya untuk mendukung penyelenggaraan Expo 2020 Dubai agar sesuai dengan standar yang diharapkan. Keikutsertaan Indonesia Expo 2020 Dubai ini menjadi momentum untuk membangun citra positif dan kesadaran dunia mengenai Indonesia dan akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk perdagangan, pariwisata dan investasi Internasional, khususnya pasar di Timur Tengah sesuai pesan dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Adapun, seremonial groundbreaking Indonesia Pavilion di World Expo 2020 Dubai itu dihadiri oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, Duta Besar Indonesia untuk UAE, Husin Bagis, Konsulat Jenderal di Dubai, Ridwan Hassan, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan sekaligus Komisaris Jendral Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Dody Edward, Direktur Eksekutif Expo 2020 Dubai, Najeeb Mohammed Al-Ali, perwakilan dari PT. Astra Internasional, Tbk. sebagai salah satu pihak swasta yang mendukung, dan perwakilan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor paviliun Indonesia.

World Expo merupakan pameran berskala dunia yang menampilkan prestasi dan kemajuan di bidang industri, teknologi, budaya, lingkungan hidup, dan lain lain. Setiap penyelenggaraan World Expo ini mengusung tema berbeda-beda terkait dengan berbagai permasalahan yang ada di dunia. Pertama kali World Expo ini diselenggarakan pada tahun 1851 di London, dan diselenggarakan setiap 5 tahun sekali. World Expo adalah event ketiga terbesar di dunia setelah FIFA World Cup dan Olimpiade.

Tahun depan merupakan penyelenggaraan World Expo ke-34 yang mengangkat tema Expo : Connecting Minds, Creating The Future dan menargetkan lebih dari 25 juta pengunjung selama 6 bulan pelaksanaannya. Rangkaian kegiatan di Paviliun Indonesia akan diisi dengan berbagai program selama 173 hari yang meliputi budaya, bisnis, investasi dan pariwisata. Sajian acara tersebut merupakan penjabaran konsep Indonesia Emas 2045 dan tema paviliun ‘Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity‘.

Selain menggarap World Expo 2020 Dubai, anak perusahaan DYAN yang lainnya, yaitu PT Dyandra Promosindo, menyelesaikan beberapa penyelenggaraan event seperti event bertaraf internasional di sektor industri minyak dan gas bumi, The 43rd Indonesian Petroleum Association Convention & Exhibition (IPA Convex) 2019 yang digelar pada 4-6 September 2019. Acara lainnya yang telah sukses diselenggarakan antara lain event Business to Business (B2B) yaitu The 17th International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2019 di 5-7 Juli 2019 dan Jakarta Wedding Festival pada 26-28 Juli 2019.

Memasuki bulan September 2019, Dyandra Promosindo siap untuk mengenjot penyelenggaraan beberapa event, di antaranya :

Anak usaha DYAN lainnya, PT Dyandra Global Edutainment, bakal menggelar konser artis K-Pop di penghujung tahun 2019 dan awal tahun 2020. Dua konser ini diharapkan dapat mendatangkan lebih dari 18.000 penonton. Hendra Noor Saleh, Direktur Utama Dyandra Promosindo yang juga menjabat sebagai Direktur DYAN, berharap penyelenggaraan event di semester kedua ini, bahkan beberapa event yang diselenggarakan secara simultan, merupakan salah satu bentuk komitmen Dyandra untuk berperan dalam meningkatkan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition) di Indonesia maupun di pasar Internasional.

Perseroan optimistis kontribusi beberapa event di semester dua ini dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan yang akan tercermin pada laporan keuangan kuartal III dan kuartal IV di tahun ini. “Beberapa proyek event yang tergolong baru merupakan salah satu strategi manajemen untuk dapat mengakomodir kebutuhan pasar. Event ini bakal menyerap capital dan SDM yang tidak sedikit dan diharapkan dapat berdampak besar terhadap perkembangan perusahaan ke depan,” pungkas Kohen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh. DYAN adalah perusahaan induk (holding) yang membawahi 23 perusahaan dan bergerak di industri MICE. Harga saham DYAN pada Rabu pekan ini ditutup stagnan di level Rp 131.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved