Elnusa Tebar Dividen Rp74 Miliar dari Laba Bersih Rp249 Miliar

PT Elnusa Tbk. (Elnusa) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020 pada Rabu (21/7/2021). Dalam bahasan, RUPST melaporkan kinerja keuangan Elnusa yang berakhir pada 31 Desember 2020 dengan capaian laba bersih Rp249,08 miliar.

Atas hasil kinerja itu, RUPST menyepakati untuk membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar 30% dari total laba bersih atau senilai Rp74,72 miliar. Dengan demikian besar dividen per saham Rp10,239, dan direncanakan akan dibayarkan 30 hari setelah berakhirnya RUPST.

Sedangkan sebesar Rp9,96 miliar atau sekitar 4% dari laba bersih perseroan dialokasikan sebagai cadangan wajib. Adapun sisanya sebesar Rp 164,39 miliar atau sekitar 66% dari laba bersih sebagai saldo laba ditahan atau retained earnings perseroan.

Ari Wijaya, Sekretaris Perusahaan Elnusa, mengatakan, dalam 5-6 bulan ke depan, pihaknya akan fokus menyelesaikan PR besarnya dalam meningkatkan nett profit margin (NPM). “Kami tetap akan melakukan cost efficiency dengan program yang kami sebut cost leadership. Artinya, revenue boleh saja steady, minimal sama dengan RKAP, tapi cost harus dilakukan penghematan, sehingga NPM diharapkan bisa terjungkit naik," jelasnya.

RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan untuk anggota Dewan Komisaris maupun Direksi. Ari menjelaskan, Tenny Elfrida selaku Direktur SDM dan Umum merangkap jabatan  sebagai Direktur Keuangan. Kemudian Rony Hartanto selaku Direktur Operasi merangkap sebagai Direktur Pengembangan Usaha. “Keduanya akan merangkap jabatan sampai ada penetapan direktur-direktur definitif nanti untuk posisi terkait,” jelas Ari.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)