Emiten Terminal Kendaraan Ekspor Perdana Honda Brio

(Tengah) Chiefy Adi Kusmargono, CEO IPCC. (Foto : Ist).

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC), perusahaan pengelola terminal kendaraan bermotor, melepas ekspor perdana mobil All New Honda Brio sebanyak 150 unit ke Filipina menggunakan kapal MV Sierra Nevada Highway pada Rabu pekan ini.

Indra Hidayat Sani, Direktur Operasi IPCC, menyampaikan, tambahan ekspor dari All New Honda Brio merupakan kepercayaan yang diberikan oleh pabrikan kendaraan kepada perseroan. “Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yaitu menjadi pengelola terminal kendaraan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan. Selain itu, juga memberikan dampak positif bagi IPCC,” ucap Indra di Jakarta (10/4/2019).

Dari data internal, sebelumnya kegiatan ekspor kendaraan penumpang didominasi oleh Daihatsu dan Toyota dengan komposisi masing-masing 45,21 persen dan 34,56 persen dari total kendaraan yang diekspor melalui terminal IPCC. Dengan adanya kegiatan ekspor dari pabrikan Honda maka akan meramaikan pasar ekspor kendaraan.

“Kegiatan ekspor perdana All New Honda Brio diharapkan dapat membuka kran ekspor varian Honda lainnya. Ditargetkan jumlah All New Honda Brio yang akan diekspor tahun ini sejumlah 9.000 unit. Tentunya ekspor tersebut akan berimbas positif pada peningkatan kinerja operasional dan keuangan IPCC,” Indra menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama IPCC, Chiefy Adi Kusmargono mengamini dan mengapresiasi pencapaian operasional atas kegiatan ekspor All New Honda Brio tersebut. “IPCC sebagai satu-satunya terminal khusus kendaraan di Indonesia yang telah dipercayai untuk menjalankan jasa kepelabuhan tersebut tentunya sangat membanggakan. Diharapkan permintaan akan kendaraan akan meningkat sehingga kegiatan ekspor kendaraan juga dapat diikuti oleh pabrikan otomotif lainnya,” kata Chiefy menyampaikan.

Rencana atas ekspor Honda Brio telah diberitakan sejak tahun lalu. Sebelumnya, PT Honda Prospect Motor (HPM), perusahaan manufaktur dan penjualan mobil Honda di Indonesia, telah mengumumkan rencana ekspor All New Honda Brio. Dalam rencana tersebut, ekspor mobil All New Honda Brio akan dimulai pada paruh pertama tahun 2019. All New Honda Brio, diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, akan diekspor ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Rencana ini menjadikan Indonesia negara pertama yang memproduksi dan mengekspor model Honda Brio generasi ke-2.

Dalam keterangan sebelumnya, Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, mengatakan, All New Honda Brio diproduksi dengan standar kualitas internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia. "Karena itu, ekspor Honda Brio dari Indonesia ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari komitmen Honda untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas bagi konsumen di seluruh dunia," imbuh Takehiro

Perlu diketahui, mengawali tahun ini, Honda berhasil menjadikan dua produknya yaitu, Honda Brio Satya dan RS terbaru menduduki peringkat teratas penjualan periode Januari 2019 di kelasnya masing-masing. Honda Brio Satya di kelas LCGC dan Honda Brio RS di kelas city car. All New Honda Brio Satya mencatat penjualan sebesar 4.798 unit dan menguasai 28 persen pangsa pasar di segmen LCGC. Sementara itu, All New Honda Brio RS terjual sebanyak 1.699 unit di bulan Januari lalu dan memimpin pasar City Car dengan pangsa pasar hingga 87 persen. Jika digabung, kedua model tersebut berhasil memberikan kontribusi hingga 65 persen dari total penjualan mobil Honda pada Januari 2019, yang tercatat sebanyak 10.064 unit.

Dengan adanya kegiatan ekspor perdana dari All New Honda Brio maka akan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi negara dengan adanya peningkatan ekspor otomotif namun, juga pada IPCC sebagai satu-satunya perusahaan operator terminal kendaraan di Indonesia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)