AOL Bagikan Dividen Khusus dan Buy Back US$ 600 Juta

Bicara sejarah jagat maya tak bisa lepas dari America Online Inc (AOL). Perusahaan penyelenggara jasa internet internasional ini akan membagikan dividen khusus sebesar US$ 1,1 miliar. Dikatakan pula repurchase US$ 600 juta dari saham akan dipercepat melalui Barclays Bank Plc.

"Pengumuman hari ini menegaskan komitmen AOL untuk memberikan value bagu pemegang saham kami," kata Chairman and Chief Executive AOL, Tim Amstrong.

"AOL tetap berkomitmen untuk menciptakan dan unlocking value kepada seluruh pemegang saham dengan pelaksanaan yang cerdas dan manajemen portofolio aset yang disiplin," lanjut Amstrong. Pihak AOL mengatakan akan membagikan dividen secara tunai US$ 5,15 per lembar saham pada 14 Desember setelah penutupan 5 Desember.

Awal bulan lalu AOL telah mengumumkan rencananya untuk buy back tambahan US$ 550 juta setelah mendapat respon yang kurang baik dalam pelelangan tender di Belanda. Seperti dilansir Wall Street Journal, langkah ini merupakan salah satu upaya mengembalikan hasil penjualan paten US$ 1,1 miliar untuk Microsoft Corp.

Menurut Chris Preston dari Investment Research Wyatt, langkah AOL menjual lebih dari 900 paten kepada Microsoft adalah salah satu kunci AOL berkembang walau tampak lebih usang dari koran saat ini.

"AOL tampaknya menuangkan semua uang hasil penjualan paten mereka dalam one-time dividend dan repurchase saham," kata Preston dalam forum Nasdaq.

"Hal tersebut semestinya mampu menarik lebih banyak orang untuk membeli saham AOL bulan berikutnya. Namun jangan sampai semangat AOL yang tiba-tiba ini menipu Anda." Sebelum kuartal lalu Microsoft menyokong profit hingga US$ 970 juta. Sedangkan tahun 2010 AOL merugi hampir US$ 800 juta. (Tika Widyaningtyas/Wall Street Journal)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)