Astra Otoparts Fokus After Market

(kie-3 dari kiri) Presiden Direktur Astra Otoparts, Hamdhani Dzulkarnaen Salim (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

PT Astra Otoparts Tbk sepanjang tahun 2018 berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp611 miliar yang meningkat hingga 10,8% dibanding tahun 2017. Dari keuntungan tersebut, sebesar Rp245 miliar atau 40% dibagikan sebagai dividen tunai, sedangkan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja dan investasi.

Presiden Direktur Astra Otoparts, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, mengungkapkan di tahun 2019 ini akan fokus pada sektor after market yang dinilai lebih potensial di tengah kondisi penjualan kendaraan baru yang diperkirakan masih stagnan.

“Strategi kami adalah terus melakukan leverage after market yang berkaitan dengan unit in operation baik dari roda dua dan roda empat. Ini tidak selalu harus relevan dengan kendaraan baru tahun ini, tetapi justru kendaraan yang sudah ada di market dari beberapa tahun yang lalu. Saat ini kendaraan roda dua yang beroperasi di atas 70 juta unit dan empat roda di atas 10 juta unit. Itu masih akan menjadi fokus kami untuk pasar domestik,” kata Hamdhani dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Jakarta, (11/4/2019).

“Kami juga akan berusaha untuk menambah jenis komponen yang kami suplai ke masing-masing konsumen. Jadi kalau ada brand yang melokalkan komponen, kami selalu berusaha untuk mendapatkan itu semua,” tambah Hamdhani.

Hamdhani juga menyampaikan akan meningkatkan semaksimal mungkin ekspor komponen-komponen terutama untuk after market. Penjualan ekspor Astra Otoparts berkontribusi sekitar 8% dari total penjualan perseroan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan Astra Otoparts, Wanny Wijaya, mengatakan, tahun ini perseroan menyiapkan capital expenditure (capex) senilai Rp800 miliar dengan sumber pendanaan menggunakan kas internal Astra Otoparts.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)