Citibank Bukukan Laba Bersih Rp 2,29 Triliun Tahun 2016

Citibank Indonesia membbukukan laba bersih Rp 2,29 triliun atau meningkat 46,2 % dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 1,56 triliun. Kenaikan laba bersih Citibank didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 16,1% menjadi Rp 4,12 triliun. Kinerja yang positif ini menghasilkan peningkatan rasio Return on Asset (ROA) menjadi 4,1% dari tahun sebelumnya sebesar 2,8% dan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 14,9% dari tahun sebelumnya sebesar 10,7%.

Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi

“Kinerja yang positif ini dapat diraih berkat terjaganya porsi dana pihak ketiga (DPK) dalam bentuk giro dan tabungan. Dua jenis DPK ini berkontribusi 68,8% dari keseluruhan DPK Citibank per 31 Desember 2016. Selain itu, prinsip kehati-hatian dalam pemberian kredit terus menjadi perhatian utama kami.” ujar Chief Executive Officer Citibank Indonesia, Batara Sianturi.

Di tahun 2016, beban operasional selain bunga juga turut membaik,  hal ini didukung oleh penurunan beban cadangan kerugian penurunan nilai, terutama kredit, sebesar 23,6% menjadi Rp 839 miliar dari tahun sebelumnya Rp 1.098 miliar. Dengan demikian, tingkat efisiensi Citibank membaik, hal ini ditunjukkan dengan rasio BOPO yang turun menjadi 81,6% dari tahun sebelumnya 89,2%.

“Kami juga  menjaga tingkat permodalan yang kuat dengan kenaikan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum sebesar 1,80%, menjadi 30% dibandingkan dengan 28,2% di bulan Desember 2015.” jelasnya.

Disisi lain, di sepanjang tahun 2016, Citibank meluncurkan dua kartu kredit Citi Prestige dan Citi Simplicity+. Sedangkan bagi nasabah retail banking, Citibank meluncurkan layanan perbankan terbaru Citi Priority, sebagai bentuk komitmen dalam menjawab kebutuhan akan prioritas perencanaan keuangan dan target investasi yang ditetapkan bagi para nasabah di kalangan profesional dan pengusaha muda di Indonesia.

Ia juga mengatakan dengan misi mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendukung kemajuan bagi klien, nasabah, dan masyarakat, Citibank melalui payung program sosial kemasyarakatan Citi Peka (Peduli dan Berkarya) melaksanakan berbagai inisiatif yang sejalan dengan digitalisasi perbankan dan peningkatan inklusi keuangan. Pada tahun 2016, Citibank memperkenalkan program “Digital Literacy for Children” yang dilaksanakan di 4 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)