Citibank Catat Laba Bersih Rp 2 Triliun di Kuartal III-2017

Chief Executive Officer Citibank Indonesia Batara Sianturi (kanan), tengah berbincang dengan salah satu karyawan dari Citi Indonesia.

Citibank Indonesia mencatat kenaikan kinerja keuangan 5% menjadi  Rp 2 triliun pada kuartal III-2017 dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,9 triliun.

Kenaikan ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 7,6% menjadi Rp 3,3 triliun sampai dengan akhir kuartal III-2017. Proporsi pendapatan bunga bersih merata dari setiap lini bisnis. Institutional Banking berkontribusi 53% sementara Consumer Banking berkontribusi sebesar 47%. Kinerja yang baik ini menghasilkan rasio Return on Asset (ROA) sebesar 4,65% dan Return on Equity (ROE) sebesar 16,45%.

Chief Executive Officer Citibank, N.A. Indonesia Batara Sianturi mengatakan bahwa kinerja yang baik ini mencerminkan momentum yang kuat pada bisnis kami baik di Institutional Banking maupun di Consumer Banking. Total aset meningkat sebesar 9,4% menjadi Rp 80,5 triliun dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 4,2% menjadi Rp 54,7 triliun. Porsi Giro dan Tabungan sebesar 70% dari keseluruhan DPK per 30 September 2017,” kata Batara dalam keterangan tertulisnya (6/11/2017).

Lebih lanjut Batara menyampaikan, pihaknya terus menjaga kualitas kredit dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. NPL gross dan net pada akhir September 2017 tercatat sebesar masing-masing 1,92% dan 0,63%, membaik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing sebesar 2,91% dan 1,12%. Tingkat permodalan kami juga sangat memadai dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum sebesar 27,57% per 30 September 2017.”

Dalam lini Institutional Banking, Citibank telah meluncurkan kemampuan untuk mendukung Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) bersama dengan 12 bank lainnya sebagai percontohan. Citibank juga telah memigrasikan platform internet banking customer komersial kami ke platform integral CitiDirect BE. Pada periode ini diluncurkan juga kemampuan Chinese Yuan (CNY), yang memungkinkan para customer untuk melakukan penukaran CNY dengan Citibank.

Dalam lini Consumer Banking, Citibank telah meluncurkan kampanye Citigold “On Your Terms”, sebuah kampanye terbaru yang menawarkan layanan wealth management melalui digital dan solusi  finansial yang disesuaikan dengan aspirasi nasabah dalam hal wealth, education dan retirement. Peluncuran program ini dilakukan di Jakarta serta beberapa kota utama di Indonesia seperti Medan dan Bandung.

“Kinerja yang baik di kuartal III-2017 ini menjadi basis kami dalam memasuki kuartal IV-2017, untuk selalu mengembangkan kualitas pelayanan dalam mendukung pertumbuhan bagi klien, nasabah dan pemangku kepentingan.” ungkap Batara.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)