Citibank Catatkan Laba Bersih Rp 3 Triliun di 2019

Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, atau tumbuh 49,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kenaikan laba ini ditopang dari peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih.

Pendapatan bunga bersih tercatat tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 triliun. Sementara, laba operasional nonbunga meningkat dari Rp 1,79 triliun menjadi Rp 3,18 triliun. Hal ini sejalan dengan upaya perseroan menekan beban operasional.

Pertumbuhan laba bersih telah memberikan kontribusi pada peningkatan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 17,9%, meningkat dari 12,5% di tahun 2018 dan Return on Asset (ROA) meningkat menjadi 4,7% tumbuh dari 3,2% di tahun lalu.

Citibank juga terus menjaga kualitas kredit, dimana bank melaporkan NPL Gross dan Net masing-masing sebesar 2,4% dan 0,5%. Adapun rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) tercatat sebesar 26,8% dan RIM sebesar 81,42%.

“Citibank berhasil menutup tahun 2019 dengan performa keuangan yang solid. Walaupun kondisi ekonomi global di tahun 2020 penuh dengan volatilitas akibat situasi COVID-19, kami tetap berkomitmen untuk terus melayani para nasabah serta komunitas sehingga bersama-sama dapat melalui masa-masa penuh tantangan ini," ujar CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi dalam siaran pers (09/04/2020).

Menurut Batara, kinerja yang solid juga diraih berkat beberapa strategi yang dilakukan pihaknya di beberapa lini. Di lini consumer banking, pihaknya memperkuat model client centric serta mempercepat perubahan secara digital di seluruh pilar utama, yaitu Credit Cards, Retail Banking, dan Wealth Management. Di credit cards, perusahaan berupaya meningkatkan tampilan dari aplikasi Citi Mobile khusus untuk pengguna kartu kredit sehingga menghasilkan peningkatan pada jumlah pengguna aktif secara mobile sebesar 69%.

Citibank juga berkolaborasi dengan Traveloka dalam memperkenalkan program konversi Citi Rewards Points – Traveloka Points, di mana nasabah dapat menukarkan Citi Rewards Points yang mereka miliki dengan Traveloka Points secara real time.

"Di lini Institutional Banking, bisnis Treasury and Trade Solutions berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Corporate/ Institutional Digital Bank di Indonesia, berkat strategi serta kemampuan implementasi yang baik dalam menyediakan solusi serta melayani para nasabah dalam ekosistem digital," tambahnya.

Bisnis Corporate and Investment Banking juga terus didorong untuk menyediakan produk perbankan dengan nilai tambah, layanan, serta jaringan berskala global bagi para klien korporasi. "Bisnis Global Subsidiaries Group berhasil membukukan pertumbuhan double digit yang kuat serta market share dalam MultiNational Corporations, melalui berbagai inisiatif termasuk Asia-to-Asia," tutur dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)