Ditopang Strategi Ekspansi, Grup Express Raup Pendapatan Rp 640,15 Miliar Pada Q3

PT Express Transindo Utama, Tbk atau Grup Express, perusahaan penyedia layanan transportasi darat, berdasarkan laporan keuangan pada 30 September 2014 meraup pendapatan Rp 640,15 miliar atau naik 26 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal ketiga tahun 2013 tersebut Grup Express hanya membukukan pendapatan sebesar Rp 506,29 miliar atau pada kuartal ketiga tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp 133,86 miliar. Peningkatan positif di kuartal ketiga ini juga ditunjukkan dengan peningkatan laba perusahaan sebesar Rp 14,09 miliar atau naik 15 persen dibanding periode 30 September tahun lalu.

Perusahaan yang kini mengoperasikan lebih dari 11 ribu unit taksi regular, taksi premium dan limousine di seluruh Indonesia ini, mencatat total net incame Rp109,25 miliar. Menurut Merry Anggraini, GM Corporate Secretary Grup Express, pencapaian di kuartal ketiga tahun ini ditopang berjalannya strategi ekspansi bisnis Grup Express seperti yang sudah direncanakan sejak awal tahun.

Lebih lanjut Merry menuturkan, pencapaian kinerja yang baik kuartal ketiga tahun ini, menunjukkan Grup Express berhasil menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar yang didukung beberapa unit bisnis. Unit bisnis tersebut adalah Value Added Transportation Business (VATB) yang terdiri dari jasa penyewaan kendaraan, lalu jasa limousine, dan jasa penyewaan bus.

“Pelayanan dengan kualitas tinggi pada jasa limousine kami, dibuktikan melalui peningkatan jumlah hotel bintang lima ke atas yang kami layani di daerah Jabetabek, Bandung, Bali dan Lombok,” katanya.

Cakupan wilayan operasional taksi Express sendiri meliputi: Medan, Jadetabek, Semarang, Surabaya, dan Padang. Sedang untuk Tiara Express sebagai taksi premium yang menggunakan Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Mercedes Benz Viano, Mercedes Benz C Class, Nissan Elgrand dan BMW 320d telah dioperasikan di Jakarta.

“Kami optimis dapat terus melaksanakan berbagai strategi untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen dan pemegang saham,” imbuhnya.

Armada Taksi ExpreRegular Armada Taksi Express Regular

Selanjutnya, pada kuartal keempat tahun 2014, Grup Express masih tetap focus menjalankan strategi ekspansi bisnis yang direncanakan sejak awal tahun dan terus melakukan inovasi bagi kepuasan konsumen. Salah satu inovasi guna meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan merambah ranah digital, sehingga memudahkan konsumen melakukan order kendaraan.

Memasuki akhir tahun ini, Grup Express mulai menggandeng dua pabrikan mobil mewah kelas global untuk memperkuat lini bisnis taksi premium di Indonesia. Dengan strategi ini grup bisnis ini memprediksikan bisa meraih laba operasional hingga akhir tahun meningkat hingga 35 persen atau melebihi laba operasional hingga akhir tahun lalu yakni sekitar 30 persen.

“Kami yakin Grup Express saat ini berada di jalur yang tepat untuk melaksanakan strategi merealisasikan target tahun ini dengan meningkatkan efisiensi dan keunggulan, serta memaksimalkan pelayanan melalui keunggulan operasional kami,” tegas Merry.

Sepanjang 2014, Grup Express telah mengambil langkah strategis bukan saja terus menambah jumlah armada taksi regular di berbagai daerah operasi seperti Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Medan, Padang, Semarang, Surabaya dan Lombok, tapi juga terus menjaga kepuasan pelanggan. Langkah strategis sepanjang tahun ini Grup Express dalam menjaga kepuasan pelanggan antaranya: melakukan revitalisasi call center, meluncurkan aplikasi mobile Express untuk platform iOS dan Android, serta memperkenalkan Express Card untuk memudahkan konsumen memesan dan melakukan pembayaran Taksi Express dengan system prabayar.

Saat ini Grup Express memiliki lebih dari 2.100 karyawan dan lebih dari 24 ribu pengemudi sebagai mitra kerja melalui konsep Program Kemitraan yang telah diakui oleh PBB melalui UN Global Compact sebagai upaya yang berhasil dalam program Inclusive Market. Ke depan, grup bisnis ini terus berkomitmen di dalam upaya meningkatkan kesejahteraan karyawan dan para mitranya serta mengentaskan kemiskinan di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)