Giliran Bank di Austria dan Jerman Yang Turun Peringkat

Setelah baru-baru ini 16 bank di Spanyol diturunkan peringkat kreditnya, kini giliran bank-bank di dua negara Eropa lainnya yakni Austria dan Jerman. Moody's pada Rabu (6/6) memangkas peringkat utang tiga bank terbesar Austria, Erste Bank, Raiffeisen Bank International (RBI) dan Bank Austria, sebuah cabang dari kelompok UniCredit Italia. Langkah ini mempertimbangkan lembaga bank tersebut kurang mampu dalam menghadapi ancaman dan peningkatan risiko krisis utang Eropa.

Erste Bank diturunkan dua tingkat menjadi A3, sedangkan yang lain turun satu tingkat yakni RBI menjadi A2 dan Bank Austria menjadi A3. Penurunan peringkat terjadi meski ketiga bank itu melaporkan hasil yang sangat baik bulan lalu.

Sementara itu, penurunan rating kredit juga dialami bank-bank di Jerman yaitu lembaga kredit terbesar kedua di Jerman, cabang Commerz Bank di New York dan Paris, Dresden Bank serta cabangnya di New York.

Sedikit berita gembira bagi negeri yang dipimpin Kanselir Angela Markel ini adalah, penurunan rating kredit bank Jerman secara umum lebih kecil dibandingkan dengan negara Eropa lain. Tingkat pengangguran Jerman lebih rendah dari rata-rata Eropa. Tingkat utang keluarga dan perusahaan kecil, serta perekonomian Jerman secara keseluruhan juga dinilai masih elastis. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)