Huawei Bukukan Penjualan US$ 35,3 Miliar

Huawei pada hari ini, 23 Januari 2013, mengumumkan laporan kinerja keuangannya di tahun 2012. Huawei berhasil membukukan penjualannya di tingkat global mencapai US$ 35,3 miliar. Nilai ini meningkat 8% setiap tahun. Sementara itu keuntungan bersih yang didapat sebesar US$ 2,4 miliar, meningkat 33% dari tahun sebelumnya. Hasil audit Laporan Keuangan 2012 oleh KPMG akan diuraikan dalam laporan tahunan perusahaan, yang akan dikeluarkan pada bulan April 2013.

Cathy Meng, CFO Huawei, Sumber Foto : Google

Cathy Meng, Chief Financial Officer Huawei, mengatakan bahwa perusahaan telah mencapai pertumbuhan yang efektif pada tahun 2012. hal ini disebabkan karena Huawei mementingkan fokusnya pada kebutuhan pelanggan, merapihkan kinerja manajemen, serta meningkatkan efisiensi. Cathy meyakini bahwa prospek perkembangan industri ini ke depan akan semakin baik.

Kami memperketat pengawasan pengeluaran Beban Umum dan Administrasi (General & Administrative), menyediakan lebih banyak sumber penghasilan untuk mendukung peningkatan garis depan, dan menjamin kemajuan berkesinambungan pada mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan. Sebagai tambahan, Huawei terus berupaya melakukan transformasi manajemen, meningkatkan gabungan kinerja yang efisien dengan program layanan keuangan terpadu.” tutur Cathy.

Dari segi investasi, Huawei telah menanamkan USD 19,3 miliar untuk pengembangan divisi Litbang dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, termasuk penanaman modal sebesar US$ 4,8 miliar pada tahun 2012. Nilai ini bahkan memakan lebih dari 13% pendapatan pada tahun tersebut.

Di samping itu, Huawei telah menanamkan modal dan mengembangkan Jaringan Telekomunikasi (Carrier Network), Perusahaan (Enterprise), Usaha Pelanggan (Consumer Businesses) guna menyediakan layanan informasi yang lebih cepat, luas, dan pintar bagi para pelanggannya, sekaligus menjawab berbagai tantangan dan kesempatan pada masa big data. Sekitar 70% dari pendapatan Huawei merupakan hasil dari pelayanan operator telekomunikasi. Sementara 45 diantaranya adalah 50 operator terbaik dunia.

Tiga kelompok usaha Huawei tumbuh signifikan akibat kinerja yang sejalan dengan harapan. Kelompok Carrier Network Business Huawei, sebuah kelompok bisnis tradisional yang kuat, hingga kini menjadi pemimpin industri, dengan pendapatan penjualan US$ 25,7 miliar. Kelompok Consumer Business Huawei mencatat pendapatan penjualan sebesar US$ 7,7 miliar. Penjualan dari unit usaha ini tercatat meningkat di pasar berkembang daratan Eropa dan Jepang. Sementara itu kelompok Enterprise Business Huawei berhasil mencapai pendapatan penjualan hingga US$ 1,8 miliar.

Sebesar 66% dari total pemasukan Huawei berasal dari luar Cina. Di antara pendapatan kawasan negara lainnya, pendapatan di Asia Pasifik meraih US$ 6 miliar. Eropa, Timur Tengah, dan Afrika meraih nilai yang sama sebesar US$ 12.4 miliar. Sementara itu di pendapatan di Amerika mencapai US$ 5,1 miliar. Pasar dalam negeri Cina mencatat pendapatan US$ 11,8 miliar. Cathy berharap bahwa pendapatan Huawei mampu meningkat 10-12% pada tahun 2013. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)