Financial Report

Ini Rahasia Profit Allianz Utama Indonesia Bisa Tumbuh

Berkat kondisi ekonomi nasional yang membaik dan tumbuh sebesar 5,31%, industri asuransi umum mencatatkan kinerja yang positif pada 2022. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum hingga kuartal empat tahun 2022 mencapai Rp 90,1 triliun, atau tumbuh 15,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 78,1 triliun.

Seiring dengan kinerja industri, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) juga mencatatkan hasil yang positif pada tahun 2022. Salah satunya dari Gross Written Premium (GWP) yang tercatat sebesar Rp 665,30 miliar atau melampaui angka rencana bisnis, sebesar 36%.

Lini asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) merupakan lini bisnis dengan kontribusi GWP tertinggi yaitu sebesar Rp 217,47 miliar dan diikuti oleh lini asuransi properti sebesar Rp 204,69 miliar. Adapun lini asuransi perjalanan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 293% dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan oleh dilonggarkannya PPKM serta digalakkannya vaksinasi booster Covid-19 oleh Pemerintah, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan perjalanan.

Sunadi selaku Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan, peningkatan hasil ini merupakan hasil dalam menjaga momentum melalui strategi rebalancing pada tahun sebelumnya. Perubahan strategi tersebut mampu mewujudkan pertumbuhan positif, di mana Allianz Utama berhasil mencatatkan profit sebesar Rp 4,54 miliar pada 2022.

Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp 234,15 miliar sepanjang tahun 2022. Risk-Based Capital Ratio (RBC) Allianz Utama sebesar 437%, berada di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.

“Tentu saja, hasil yang kami capai sepanjang tahun 2022 merupakan upaya bersama dan kerja keras dari seluruh karyawan kami. Sehingga kami mampu terus fokus untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis. Dari sisi inovasi bisnis, kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi dalam rilis resmi, Selasa (30/5/2023).

Allianz Utama Indonesia berkomitmen menyediakan asuransi berkualitas dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah, karena kepercayaan merupakan DNA inti Allianz. Melalui penerapan good corporate governance yang baik, pengembangan dan inovasi produk, serta menyediakan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, Allianz Utama menjalankan bisnis sejalan dengan tujuan global Allianz ‘We secure your future’ serta memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.

Perusahaan juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, seperti one-click renewal pada motor policy, implementasi robotik pada proses back-office, sampai pada otomatisasi pada proses perpanjangan polis. Semua ini membuat Allianz Utama berhasil mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 11,7% dan juga jumlah policy issuance sebesar 8% pada tahun 2022.

Allianz Utama juga menerapkan kebijakan paperless sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sepanjang tahun 2022, Allianz Utama mencatat total efisiensi intensitas energi sebesar 35% serta mengurangi penggunaan kertas sebesar 78%. Allianz Utama juga memberikan literasi keuangan kepada lebih dari 430 ribu orang.

“Kami percaya untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan maka semua pihak harus terus berperan aktif. Bersama dengan segenap karyawan dan mitra bisnis, kami akan terus mendukung pembangunan berkelanjutan untuk membantu masyarakat memiliki proteksi aset yang dibutuhkan. Kami tidak akan berhenti dan akan terus meningkatkan kualitas layanan agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan bersama Allianz,” kata Sunadi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved