J Trust Bank Fokus ke Sektor Pertanian dan Mikro

Kerja sama strategis antara PT Bank JTrust Indonesia dengan Group Lease Finance Indonesia (GLFI) memberikan hasil positif terhadap kinerja perseroan sepanjang kuartal I 2017. Penyaluran kredit bank ini mencapai Rp 10,7 triliun, tumbuh sebesar 7,09% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan kredit tersebut di antaranya disalurkan ke sektor pertanian dan mikro, melalui skema channeling bekerja sama dengan GLFI.

Menurut Sekretaris Perusahaan JTrust Bank, Hasiholan E. Sitorus, peningkatan penyaluran kredit tersebut diikuti dengan peningkatan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 16,56% atau mencapai Rp 12,7 triliun.

dok. J Trust Bank

Sebagai hasil peningkatan kinerja serta efisiensi operasional dan penurunan biaya dana, pada kuartal I 2017, JTrust Bank berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 42,2 miliar dibandingkan kuartal I 2016 yang merugi Rp 34 miliar. Kinerja positif pada kuartal I 2017 dibandingkan kinerja negatif tahun lalu, terutama ditopang oleh pertumbuhan pendapatan bunga bank sebesar 24% atau mencapai Rp 402,13 miliar. Begitupula fee based income J Trust Bank tumbuh sebesar 126,1% mencapai Rp 40,3 miliar dari kuartal pertama tahun lalu sebesar Rp 17,8 miliar.

“Pertumbuhan kinerja JTrust Bank dicapai melalui sinergi dengan perusahaan grup dan mitra bisnisnya. Salah satunya dapat berupa ekspansi kredit kepada sektor ekonomi pertanian, termasuk melalui kemitraan dengan Group Lease Finance Indonesia,” ujar Hasiholan.

GLFI sebagai perusahaan pembiayaan yang beroperasi sejak 2016, telah memiliki 28 titik penjualan kerja sama dengan J Trust Bank yang mencakup berbagai wilayah di Indonesia. GLFI juga fokus mengembangkan bisnis ke sektor pertanian diantaranya melalui penyediaan alat-alat pertanian bekerjasama dengan Kubota Machinery Indonesia dan program Bersama Membuat Impian (BMI).

Dengan kerja sama dari Kubota dan membuka titik penjualan di daerah terpencil, J Trust Bank dan GLFI berharap dapat membantu petani Indonesia memiliki peralatan teknologi Jepang terbaik dan membuka akses keuangan kepada rumah tangga yang tidak bankable.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)