Financial Report

Jalur Multidistribusi Allianz Indonesia Tingkatkan Pendapatan Premi Jadi Rp13,2 Triliun

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatatkan Gross Written Premium/GWP sebesar Rp 13,2 triliun atau tumbuh 23,8% tahun 2019 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jalur distribusi keagenan dan bancassurance menjadi kontributor utama untuk perolehan premi ini. Seiring dengan pertumbuhan GWP, perusahaan membukukan laba bersih Rp 1,18 triliun, atau meningkat 48,7% dibandingkan tahun 2018.

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, mengatakan melalui strategi jalur multi-distribusi, ia percaya bahwa perusahaan mampu menyediakan solusi utama dalam berasuransi dan layanan yang lebih mudah diakses oleh nasabah. “Nasabah kami harus memiliki pengalaman berasuransi yang unik dan mengesankan, mulai dari proses pengajuan polis sampai dengan yang terpenting yaitu pada saat pengajuan klaim,” katanya.

Sebagai bukti komitmen perusahaan memberikan perlindungan kepada nasabah, Allianz Life telah membayarkan lebih dari 262.000 klaim dan manfaat sebesar Rp 7,8 triliun atau meningkat 14,2% dari tahun 2018. Wujud komitmen ini merepresentasikan kondisi kesehatan keuangan perusahaan, yang salah satu indikatornya dapat dilihat dari tingkat rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio di posisi 340% per Desember 2019.

Berdasarkan data laporan AAJI di kuartal 4 tahun 2019, Allianz Life mencatatkan pertumbuhan Weighted New Business Premium sebesar 18,2%, atau di atas pertumbuhan pasar rata-rata 11,1%. Di sisi angka Total Weighted Premium, Allianz Life juga bertumbuh sebesar 20,7%, di mana angka tersebut juga di atas pertumbuhan pasar rata-rata 7,6%. Allianz Life juga menempati peringkat satu untuk jalur distribusi digital atau e-commerce dengan pertumbuhan GWP sebesar 72% sampai akhir tahun 2019.

Pertumbuhan ini berlanjut hingga kuartal 1 tahun 2020, di mana Allianz membukukan pertumbuhan Weighted New Business Premium sebesar 27,6%, atau jauh mendahului pertumbuhan pasar rata-rata yang tercatat menurun -4,4%. Sedangkan untuk Total Weighted Premium, Allianz Life juga naik 21,2%, di mana angka tersebut juga di atas pertumbuhan pasar rata-rata yang sedikit menurun -1,3% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Cui Cui, Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia menyampaikan, kolaborasi adalah katalis utama untuk perkembangan yang dialami, dan teknologi memungkinkan perusahaan untuk melakukan otomatisasi proses serta mempertahankan kualitas terbaik. “Sebagai hasilnya, hal tersebut memungkinkan kami untuk selalu memberikan pengalaman berasuransi yang mengesankan bagi nasabah,” tuturnya.

Inovasi memberikan banyak pengaruh dalam upaya Allianz melayani nasabah dengan efektif dan efisien. Digital sales tools, seperti Allianz Discover, memungkinkan mitra bisnis dan nasabah berinteraksi dalam menentukan pilihan perlindungan sesuai kebutuhan. Solusi ini terbukti efektif karena pengajuan polis asuransi jiwa elektronik (e-submission) mencapai 92%, dan penerbitan polis elektronik (e-policy) yang meningkat menjadi 46% dari keseluruhan polis yang diterbitkan sepanjang tahun 2019.

Allianz Life juga menyediakan Allianz eAZy Payment – portal untuk pembayaran premi dan Allianz eAZy Connect – portal nasabah online untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan dan menyediakan akses untuk berbagai informasi terkait kepemilikan polis, transaksi premi dan dana investasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved