Business Research Financial Report Capital Market & Investment Trends zkumparan

Jurus 360 Derajad VIVA Menggaet Pengiklan

Jurus 360 Derajad VIVA Menggaet Pengiklan

Belanja iklan pada Semester I/2019 belum menunjukkan perbaikan. Namun di tengah perlambatan itu, PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) berhasil membukukan pendapatan pada Kuartal II/ 2019 sebesar Rp594,6 miliar dibandingkan dengan pendapatan Kuartal I/ 2019 sebesar Rp 522,9 miliar atau tumbuh 14%.

Pertumbuhan pendapatan tersebut meningkatkan EBITDA yang tumbuh 20% dari Rp 25,6 miliar pada Kuartal I/ 2019 menjadi Rp 30,7 miliar pada Kuartal II/ 2019. Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk., Anindya N. Bakrie, mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan hasil dari inovasi dengan menyuguhkan konten-konten berkualitas, menarik dan relevan.

Dia berharap, konten-konten itu dapat menjangkau khalayak secara luas dan ke depannya akan terus dikembangkan. Sejumlah program yang baru diluncurkan ANTV seperti drama series Fitri, Aisyah, Rahasia Hidup, Ishq Subhan Allah dan Ishq Mein Marjawan, diklaim mendapatkan tempat di hati pemirsa setianya.

Berdasarkan data Nielsen selama bulan Juli 2019, beberapa program ANTV menembus 10 besar program series seluruh stasiun TV FTA di Indonesia. Sebut saja program drama series Fitri dari pertama kali diluncurkan memperoleh TVR/TVS 2,9%/13,3%, Aisyah dengan TVR/TVS 3,0%/11,5%, dan beberapa program drama series lainnya. Keberhasilan ini membuat ANTV hingga saat ini kokoh Tier-1 FTA dengan TVS 11.5% untuk periode 1-31 Juli.

Menurutnya, keberhasilan VIVA dalam menjalankan strategi dengan memadukan TV FTA dan digital, terlihat seperti pada stasiun televisi ANTV yang dapat dinikmati melalui website. ANTV mengembangkan multi channel serupa melalui YouTube seperti Best Pesbuker, Klik Bocah, Klik Misteri. Selain juga web series seperti web series Cek Kontrakan Sebelah, web series Maya dan web series 29 Maret.

Sementara TvOne terus kokoh menjadi stasiun TV FTA berita dan olahraga #1 di Indonesia juga memperkuat lini programnya dengan menawarkan konten-konten baru, khususnya di bidang olahraga. Sehingga diharapkan tvOne akan tetap menjadi stasiun TV FTA berita dan olahraga pilihan pemirsa.

Saat ini tvOne memiliki program ILC yang tetap menjadi program talkshow #1 di Indonesia dengan TVS 7,5 YTD, untuk memenuhi segmen olahraga sejak 2016 kami telah menayangkan One Pride MMA yang berhasil mencatat TVS 5,7 pada pertandingan Live 27 Juli lalu sementara TVS YTD adalah 4,8. Saat ini 245 “fighters” telah bergabung dengan One Pride MMA.

Guna memperkuat lini konten olahraga tvOne, kami telah meluncurkan konten baru yaitu One Prix yang bekerjasama dengan PT One Prix Motor Management. One Prix telah mengelar putaran pertama pada bulan Juli ini, program ini mencatat TVS sebesar 7,3. Dari sisi digital media, tvOne telah mengembangkan kehadirannya melalui tvOne Connect, berbagai channel di youtube dan juga bekerja sama dengan maxstream, video.com dan iflix, yang semuanya itu akan memanjakan pemirsanya.

“Program-progam tvOne seperti ILC masih menjadi primadona, selain itu juga One Pride MMA menyedot perhatian terbukti pada Sabtu (27/07) lalu ribuan penonton memadati Tennis Indoor Senayan, sementara One Prix yang telah menyelesikan putaran pertamanya di Tasikmalaya Jawa Barat dan mencatatkan TVS 7.3,” ujarnya.

Guna melengkapi bisnis TV FTA, VIVAmengembangkan bisnis digitalnya melalui PT Visi Media Baru (“VMB”). VMB saat ini telah memiliki portal berita viva.co.id, dan telah meluncurkan dua portal baru yaitu jagodangdut dan 100kpj. Jagodangdut adalah portal berita yang mengulas informasi terkait dengan perkembangan dunia musik dangdut, para seniman dangdut.

Sejak diluncurkan portal tersebut telah mencatat 18 juta sessions. Sementara 100kpj adalah portal berita otomotif, khususnya motor dan sejak diluncurkan telah mencatat 14,4 juta sessions. Ke depannya VMB akan terus berinovasi dengan meluncurkan beberapa portal baru serta layanan video on demand.

“Portal-portal baru ini akan memperkuat VIVA dalam digital media di mana ANTV dan tvOne masing-masing juga sudah memiliki platform digital,” kata Anindya.

Langkah-langkah VIVA itu diharapkan dana memikat para pemasang iklan. Sebab, VIVA mengaku dapat memberikan pelayanan iklan 360 derajat, yaitu pengiklanan melalui platform TV FTA, digital serta off-air dari acara-acara Meet & Greet yang rutin diadakan oleh ANTV serta acara-acara off-air dari One Pride MMA dan One Prix.

“Ke depannya, kami juga akan mengembangkan konten-konten secara in-house dan joint production yang hak kepemilikan intelektualnya dimiliki perusahaan sehingga konten-konten tersebut dapat dimonetisasi diberbagai platform yang kami miliki,” tambah Anin.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved