Kenaikan Pembiyaan Genjot Laba CIMB Niaga Syariah

Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) mencatat perolehan laba sebesar Rp 132,09 miliar pada sembilan bulan pertama tahun 2013. Ada kenaikan sebanyak 42 persen dari periode yang sama tahun 2012, yang mencapai Rp 92,97 miliar.

cimb niaga syariah

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, mengatakan, pertumbuhan laba CIMB Niaga Syariah ini, antara lain, didorong oleh peningkatan sejumlah kinerja bisnis CIMB Niaga Syariah. Salah satunya adalah peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 16 persen menjadi Rp 7,10 triliun per 30 September 2013.

Dari total penyaluran pembiayaan produk syariah di CIMB Niaga, pembiayaan konsumer memberikan kontribusi terbesar, yakni 49 persen, kemudian menyusul komersial sebesar 37 persen, korporasi sebesar 10 persen, dan Small Medium Micro Enterprise (SMME) sebesar 4 persen.

“Pembiayaan konsumer masih terus memberikan kontribusi positif terhadap total pembiayaan Syariah CIMB Niaga, khususnya dari sejumlah bisnis seperti Pembiayaan Kepemilikan Rumah (PKR iB), Pembiayaan Kepemilikan Mobil (PKM iB), dan bisnis kartu pembiayaan syariah (CIMB Niaga Syariah Gold Card),” terang Handoyo, di Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Pembiayaan Kepemilikan Rumah iB tercatat tumbuh sebesar 16 persen menjadi sebesar Rp 1,31 triliun. Sementara, Pembiayaan Kepemilikan Mobil iB meningkat menjadi sebesar Rp 3,23 triliun, atau tumbuh 22 persen. Adapun portofolio pembiayaan CIMB Niaga Syariah Gold Card tercatat sebesar Rp 61 miliar, atau tumbuh 47 persen, dengan jumlah pemegang kartu 71.772 nasabah, atau tumbuh 42 persen.

Dari sisi dana pihak ketiga (DPK), lanjut Handoyo, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun DPK sebesar Rp 6,86 triliun. Naik sebanyak 26 persen (yoy). Di mana giro (current account) dan simpanan (savings account) tumbuh 164 persen dan 36 persen menjadi masing-masing Rp 591 miliar dan Rp 1,76 triliun.

Menurut Handoyo, meningkatnya kinerja bisnis CIMB Niaga Syariah disebabkan, antara lain, semakin banyaknya masyarakat yang dapat mengakses produk dan layanan perbankan syariah. Hal ini berkat penerapan sistem dual banking leverage model (DBLM). Sistem DBLM mampu memperluas dan mempermudah akses masyarakat yang hendak melakukan transaksi perbankan CIMB Niaga Syariah. Melalui sistem ini, masyarakat dapat mengakses layanan serta produk perbankan syariah di 29 Kantor Cabang Syariah (KCS), 1 Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS), 541 office channeling (Kantor Layanan Syariah), 44 Mortgage Center, dan 23 Auto Center yang tersebar di 19 provinsi di Indonesia.

Produk dan layanan syariah

Beragam inovasi serta peningkatan layanan ke masyarakat melalui produk dan jasa perbankan syariah terus dilakukan untuk menopang kinerja CIMB Niaga Syariah. Untuk produk pembiayaan, misalnya, bank mempunyai produk unggulan Pembiayaan Kepemilikan Rumah iB yang menggunakan akad murabahah (jual beli). Nasabah yang
mengambil Pembiayaan Kepemilikan Rumah iB, dapat menikmati cicilan dan pokok tetap hingga maksimal 20 tahun, serta bebas denda bila pelunasan dipercepat sebelum jatuh tempo.

Selain produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah iB, di CIMB Niaga Syariah juga tersedia Pembiayaan Kepemilikan Mobil iB dengan cicilan dan pokok tetap maksimal 5 tahun.

Produk unggulan lainnya adalah CIMB Niaga Syariah Gold Card. Sebagai produk kartu pembiayaan syariah yang diperuntukkan bagi semua kalangan, CIMB Niaga Syariah Gold Card adalah produk universal dan inovatif yang dapat memenuhi gaya hidup masyarakat dan sesuai gaya hidup syariah, sehingga seluruh transaksi yang dilakukan oleh nasabah sudah dicover dengan akad-akad sesuai prinsip syariah.

Selain tawaran produk serta layanan perbankan syariah, CIMB Niaga juga menawarkan kemudahan bertransaksi perbankan kepada masyarakat melalui layanan branchless banking. Melalui layanan ini, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan, kapanpun dan dimanapun melalui sejumlah saluran, seperti ATM, Go Mobile (mobile banking), CIMB Clicks (internet banking), Phone Banking 14041 dan 500 800, Self Service Terminal, dan Cash Deposit Machine.

CIMB Niaga juga menghadirkan inovasi terbaru dalam layanan perbankan di Indonesia melalui Rekening Ponsel. Rekening ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan beragam transaksi perbankan, kapanpun dan dimanapun, hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Dari mulai transfer dana ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, pengiriman uang ke rekening CIMB Niaga ataupun rekening lain anggota ATM Bersama, pembayaran tagihan, dan pembelian pulsa ponsel pra bayar. Kemudahan bertransaksi hanya dengan menggunakan nomor ponsel ini juga sudah diterapkan CIMB Niaga Syariah dengan Lembaga Kemanusiaan, Amal dan Sosial dalam hal penyaluran dana kebajikan (Qardhul Hasan).

Potensi perbankan syariah yang masih besar, yang didukung oleh jumlah penduduk muslim yang terbesar di dunia, merupakan peluang bisnis yang masih terus dapat dioptimalkan untuk pertumbuhan bisnis CIMB Niaga Syariah. “Sebagai bagian dari jaringan perbankan universal terkemuka di Asia Tenggara, dukungan dari CIMB. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)