Kredit Komersial Dominasi Penyaluran Kredit QNB Kesawan

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember 2013, total aset Bank QNB Kesawan mengalami peningkatan sebesar 138%, dari Rp 4,6 triliun menjadi Rp 11 triliun di akhir 2013. Kenaikan tersebut paling besar disebabkan oleh kontribusi peningkatan kredit sebesar Rp 5 triliun.

opt pic2

"Bank QNB Kesawan juga berhasil melakukan perbaikan proses dan pengelolaan pengkreditan pada tahun 2013 sehingga kredit bertumbuh sebesar 159% dari tahun sebelumnya. Angka tersebut melebihi rata-rata pertumbuhan kredit nasional yang angkanya sekitar 23,1," jelas Andrew McGregor Duff, Direktur Utama Bank QNB Kesawan.

Adapun porsi pengucuran kredit terbesar adalah pada sektor komersial yang mewakili 76% dari total pemberian kredit di tahun 2013 yang juga diimbangi dengan peningkatan kualitas kredit sehingga rasio NPL Neto berhasil diturunkan dari 0,31% di tahun 2012 menjadi 0,10% di tahun 2013.

Selain kredit, bank juga membukukan perolehan simpanan yakni sebesar Rp 7,2 triliun. Jumlah ini merupakan jumlah yang mengalami peningkatan sebesar 99% atau Rp 3,6 triliun dari tahun sebelumnya yang juga melebihi rata-rata pertumbuhan simpanan nasional sebesar 18,73%. Dari jumlah tersebut, komposisi terbesar adalah deposito (81%) dan sisanya berasal dari giro dan tabungan. Dengan kinerja tersebut di atas, Bank QNB Kesawan membukukan laba bersih sebesar Rp 3,3, milyar.

Bank QNB Kesawan juga memiliki permodalan kuat yang melebihi ketentuan Bank Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari besarnya rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimim (KPMM), sebesar 18,73% per akhir tahun 2013.

Selama 2013, QNB Kesawan telah melakukan berbagai kegiatan yang difokuskan untuk memperkuat jaringan, sistem, proses, produk, layanan, marketing dan komunikasi merek serta SDM. Dengan memperkuat hal tersebut, menargetkan dapat memberi pilihan layanan yang lebih beragam di 2014. Ditargetkan pula kinerja di 2014 akan lebih agresif dengan beberapa kebijakan yang akan diterapkan. QNB Kesawan berharap langkah yang akan dilakukan tersebut mampu mewujudkannya sebagai bank terkemuka di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)