Kuartal I/2017 Laba Facebook Melejit 76%

Pendapatan Facebook Inc pada kuartal I/2017 sebanyak US$ 8,03 miliar naik 49% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini mencapai US$ 3,06 miliar. Pencapaian itu melejit sebesar 76% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. "Kami mengawali tahun 2017  dengan baik. Kami akan terus membangun alat-lat untuk mendukung kuatnya komunitas global saat ini” ujar Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook, seperti dilansir Nasdaq, Jumat (5/5).

Saat ini jumlah pengguna Facebook mencapai 1,94 miliar per bulan, atau naik 17%. Pendapatan terbesar Facebook disumbang dari iklan, yang nilainya mencapai US$ 7,86 miliar, atau melonjak melonjak 51% dari kuartal I tahun lalu. Tahun ini, Facebook menargetkan pendapatan iklan digital mencapai US$ 36,29 miliar, naik 35% dari tahun lalu. Adapun, belanja modal Facebook di tiga bulan pertama tahun ini senilai US 1,27 miliar.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook. (Foto : Istimewa).

Pada kuartal pertama tahun 2017,  Instagram Stories memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif. Facebook juga baru saja mengumumkan bahwa terdapat 1,2 miliar orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya.

Pada kuartal pertama 2017, semakin banyak pengguna yang mengakses Facebook. Rinciannya adalah     pengguna aktif harian atau Daily Active Users (DAUs), rata-rata 1,28 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 18% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.  Kemudian, pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) – menurut data per 31 Maret 2017, rata-rata mencapai 1,94 miliar, naik sebesar 17%. Beberapa hal yang menjadi fokus Facebook berikutnya adalah membangun komunitas.

Lebih dari 100 juta orang di Facebook merupakan anggota dari berbagai komunitas. Untuk membantu membangun sebuah komunitas yang dapat merasa lebih aman, Facebook meluncurkan Bantuan Komunitas (Community Help), yakni sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna memberikan dan mendapatkan hal-hal yang digemarinya, seperti makanan, tempat pengungsian maupun transportasi setelah terjadinya bencana alam.

Facebook juga terus membangun perangkat-perangkat baru untuk memastikan orang-orang merasa lebih aman di platform. Selama satu tahun ke depan, Facebook bakal menamba 3 ribu orang ke dalam tim operasional komunitas di seluruh dunia. Angka tersebut di luar dari 4.500 karyawan Facebook. Untuk membantu membangun komunitas dengan keterpaparan informasi yang cukup, perusahaan mengubah peringkat News Feed yang meminimalisir pengguna mengirimkan berita hoax.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)