Laba Trisula Tumbuh 310%

Tren belanja menjelang hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru mendongkrak penjualan PT Trisula International Tbk, peritel apparel beberapa brand ternama, seperti Jack Nicklaus, JOBB, UniAsia dan Man Club.

Pada semester I 2012 pertumbuhan penjualan perseroan masih didominasi oleh konsumsi domestik. Terlihat dari  sales growth domestik ritel yang memberikan kontribusi sekitar 32%. Adapun merek yang memberikan kontribusi pertumbuhan penjualan terbesar, menurut Lisa adalah JOBB yang mencapai sekitar 43%, diikuti Jack Nicklaus 14% dan Uni Asia 325%.

"Sales domestik ritel ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan lebih besar lagi di semester II 2012 karena adanya event Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Saat ini penjualan untuk menjelang Lebaran sudah mulai dirasakan," ungkap Direktur Utama Trisula, Lisa Tjahjadi.

Kendati penjualannya menunjukan angka yang stabil, namun secara value ada sedikit penurunan sebesar 2%. "Dalam keadaan market global, khususnya pasar Eropa seperti saat ini, kami sangat bersyukur dapat mempertahankan customer kami, bahkan ada beberapa customer dari negara tertentu seperti Jepang menunjukan peningkatan yangcukup baik," dia berkilah.

Laba bersih setelah perkiraan pajak perseroan menunjukan peningkatan angka yang signifikan yakni dari Rp 2.090 juta menjadi Rp 6.485 juta atau tumbuh 310%.

Melihat begitu baiknya perkembangan hasil retail domestik, Lisa mengatakan bahwa perseroan sesuai janjinya akan terus mengembangkan ritel domestik ini dengan terus akan menambah gerai-gerai baru.

Dia menyebutkan, total titik penjualan yang sudah ada sampai posisi akhir Juni lalu sudah mencapai 194 titik penjualan yang masih tersebar di daerah Jabodetabek dan Pulau Jawa. Hal ini menunjukan pertumbuhan titik penjualan baru sebesar 18% dari jumlah pada akhir tahun 2011 yang sebesar 165 titik penjualan. "Dua gerai yang baru dibuka pada tgl 28 Juli yang lalu adalah di Kota Kasablanka dengan merek Jack Nicklaus dan JOBB. Berikutnya yang sudah pasti akan dibuka sebelum akhir tahun yaitu di Alam Sutera, Mal EXION di Kemang Village, Taman Anggrek dan Mal Hartono di Solo" kata Lisa.

Sejalan dengan kinerja perseroan yang terus tumbuh positif, beberapa pengakuan pun muncul baik dari dalam negeri hingga luar negeri. Pada tanggal 5 Juli 2012 dalam acara Jack Nicklaus Brand Council Meeting di Florida, Trisula meraih Jack Nicklaus Award for Excellence, award yang diberikan untuk pertumbuhan tertinggi dalam penjualan selama tahun 2011.

Seperti diketahui, Trisula pada akhir Juni lalu secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pada bulan Juli, transaksi akuisisi PT Trisco Tailored Apparel sudah selesai dilaksankan.

Tahun 2012 ini, dengan telah bergabungnya PT Trisco, penjualan Trisula ditargetkan mencapai Rp 600 miliar dan laba tumbuh di atas 100%. Perseroan  akan terus menambah jumlah titik penjualan hingga mencapai 350 titik di akhir tahun 2015 dan  penjualan diharapkan akan mencapai Rp 1 triliun pada 2016 nanti. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)