Laba WOM Finance Merosot 76% Jadi Rp87 Miliar

PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (WOM Finance) menghadapi tantangan berat di awal pandemi, namun perusahaan berhasil bangkit, sehingga kinerja perusahaan mulai membaik. Secara keseluruhan, total penyaluran pembiayaan WOM Finance di tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 59% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 2,4 triliun. Akibatnya total pendapatan di 2020, WOM Finance juga merosot 24% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 2 triliun. Tercatat laba sebelum pajak WOM Finance pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 87 miliar atau turun 76% dari Rp 364 miliar.

Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance dalam paparannya menyampaikan, kinerja keuangan WOM Finance pada 2020 menunjukkan adanya koreksi, tetapi hingga menutup tahun 2020 Perseroan semakin menunjukkan kinerja yang semakin membaik.

Disebutkan bahwa mulai kuartal IV tahun 2020, kinerja WOM Finance mulai membaik, dengan total penyaluran pembiayaan WOM Finance berhasil mencapai Rp 640 miliar, meningkat sebesar 78% dibandingkan kuartal III. Sedangkan pendapatan WOM Finance pada kuartal IV berhasil mencapai Rp 441 miliar, meningkat sebesar 2% dibandingkan kuartal III. Lalu Return on Asset WOM Finance sebesar 1,3% dan Return on Equity sebesar 4,7%. WOM Finance mencatatkan Non Performing Financing (NPF) Gross 2,7% dan NPF Net 1,2%.

“Kami tetap optimistis di tahun 2021, meskipun masih akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian di Indonesia. Kami pun tetap mengambil langkah prudent dan fleksibel dalam menyesuaikan diri dan dengan berbagai perkembangan yang ada di pasar dan melanjutkan strategi pertumbuhan aset yang berhati-hati dan dipandang efektif untuk mengakomodir perkembangan bisnis di masa mendatang,” tandasnya.

WOM Finance terus menghimbau konsumen untuk melakukan transaksi secara digital maupun melalui e-channel payment. Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia seperti melalui transfer bank atau juga lewat minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Selain itu, konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16 e-wallet atau e-money dan 22 mobile banking.

Selain menggunakan kode QR, WOM Finance juga telah bekerjasama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee Pay dan Go-Bills dimana konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui platform marketplace tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)