Lakukan Ekspansi Bisnis, Bata Tingkatkan Penjualan 11%

PT Sepatu Bata Tbk. (Bata), produsen alas kaki di Indonesia, berhasil meningkatkan penjualan sebesar 11% dari Rp 678,5 miliar tahun 2011 menjadi Rp 751,4 miliar pada 2012. Laba bersih Bata pun meningkat sebesar 22%, dari tahun sebelumnya sebesar Rp 56,615 miliar menjadi Rp 69,343 miliar.

Hasil positif yang diraih perusahaan yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1931 tersebut, tidak terlepas dari upaya para manajemen dan karyawan yang terus berkespansi dengan membuka toko, memperluas bisnis non-ritel, lebih agresif dalam kegiatan pemasaran. Selain itu, terus diperbaharui nya koleksi produk serta pengembangan yang terus menerus terhadap otomatisasi sistem, turut dianggap sebagai faktor penunjang meningkatnya hasil catatan keuangan yang baik.

“Kami sangat puas dengan pencapaian ini. Di tengah kondisi ekonomi dalam negeri yang masih diliputi ketidakpastian akibat pengaruh krisis di Eropa, kami berhasil mencatatkan peningkatan dan laba sebesar dua digit,” pungkas Imran Malik, Presiden Direktur PT Sepatu Bata Tbk.

Dengan hasil positif ini, Bata semakin bersemangat untuk mengembangkan bisnis perusahaan menjadi lebih besar lagi. Salah satu nya adalah dengan meningkatkan penjualan ekspor. Sebelumnya, di tahun 2012 Bata telah mengeskpor ke 14 negara, yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Kenya, Afrika Selatan, Zambia, Peru, Chili, Zimbabwe, Lebanon, dan Rusia.

Alhasil, dengan semakin bertambahnya negara tujuan ekspor yang dimiliki, Bata mencatat ada nya peningkatan penjualan eskpor tahun 2012 sebesar 4%. Tidak hanya itu, penjualan di pasar domestic pun mengalami peningkatan sebesar 11% jika dibandingkan dengan penjualan di tahun sebelumnya.

Guna lebih mengembangkan bisnis perusahaan dan juga turut berpartisipasi dalam kemajuan industri alas kaki di Indonesia dan bahkan regional, beberapa strategi telah siap dilaksanakan Bata. Diantara strategi-strategi tersebut adalah dengan memperbaiki kualitas produk dan terus memperbaharui koleksi-koleksi produk, memperbaiki sumber daya (alam dan manusia), perbaikan manajemen toko, memastikan manajemen distribusi barang yang baik, serta mengembangkan sistem otomatisasi yang telah berjalan saat ini, dan meningkatkan agresifitas dalam pemasaran.

Disamping itu, perbaikan dan penambahan jumlah toko pun menjadi fokus tersendiri bagi Bata guna mengepakan sayap bisnis nya di Indonesia lebih luas lagi. Setidaknya ada 40 toko baru yang akan di hadirkan di Indonesia, serta kurang lebih 60 toko yang akan diperbaharui.

“Kami sudah persiapkan dana sebesar Rp 40 milyar untuk membangun toko baru di tahun ini. Langkah ini tidak hanya kami lakukan di tahun ini saja, tetapi juga akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” ujar Fadzilah Bin Mohd. Hussein, Direktur PT Sepatu Bata Tbk.

Dengan pencapaian yang sudah diraih serta strategi-strategi pengembangan bisnis yang sudah disiapkan, Bata berharap akan mampu meraih sukses serupa di tahun-tahun berikutnya. Disamping itu, Imran Malik menambahkan, dukungan seluruh stakeholder dan kebijakan-kebijakan pemerintah akan tutur mempengaruhi perkembangan perusahaan di tahun-tahun berikutnya.

“Dengan dukungan para stakeholder dan kebijaan-kebijakan pemerintah tersebut, kami akan tetap mampu berkompetisi di pasar dan terus meningkatkan volume ekspor kami ke pasar luar negeri,” tambah Imran. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)