Lenovo Raup Laba Bersih US$ 153,46 Juta di Q4 2011

Lenovo berhasil meraup laba bersih US$ 153,46 juta dalam kurun tiga bulan yang berakhir pada Desember 2011, naik 54% dari US$ 99,65 juta di awal tahun. Tak hanya itu, saham perusahaan yang berbasis di Beijing, Hong Kong ini mampu melesat hingga titik tertinggi dalam kurun tiga setengah tahun ini.

Laporan keuangan Lenovo selama beberapa kuartal terakhir ini memang menguat, terutama didorong oleh peningkatan pangsa pasar global setelah mengakuisisi Medion asal Jerman serta join venture dengan NEC Corp asal Jepang. Tak hanya itu, Lenovo pun sukses menjangkau pasar berkembang seperti Cina. “Pertumbuhan PC secara keseluruhan tidak begitu menarik tapi alasan kami menyukai Lenovo adalah kemampuan mereka meningkatkan pangsa pasar,” kata Jonathan Ng, analis CIMB Research di Singapura.

Kinerja Lenovo di Cina juga menjadi alasan kuat. “Performa Lenovo di Cina cukup menjadi faktor utama mengapa mereka berhasil melampaui perkiraan analis di kuartal ini. Lenovo terus meningkatkan pangsa pasar dan margin mereka,” Jenny Shih, analis di Daiwa CapitalMarkets. Cina menyumbang 42% dari total penjualan Lenovo. Pangsa pasar Cina naik 3,1 poin dalam satu tahun menjadi 35%.

“Kinerja Lenovo pun cukup baik di beberapa pasar yang matang. Amerika Serikat misalnya, mengalami peningkatan pangsa pasar seiring beberapa pengguna PC komersial berpindah ke Lenovo karena kekhawatiran atas manajemen dan strategi HP,” kata Shih lagi. Analis mengatakan, Lenovo yang berhasil menyingkirkan Dell Inc untuk berada di posisi setelah Hewlett Packard Co selaku raja di penjualan PC, harus meningkatkan pangsa pasar di ranah tablet dan smartphone.

Lenovo melakukan diversifikasi ke dunia smartphone dan tablet dengan memperkenalkan LePhone dan LePad, meskipun tertinggal dari pemain utama seperti Apple Inc, Samsung Electronics Co Ltd dan perusahaan Cina lain seperti Huawei Technologies dan ZTE Corp. Di kuartal fiskal terakhir, Lenovo mengapalkan 400 ribu tablet secara global dan 6,5 juta handset, termasuk smartphone. Saat ini, Lenovo menjadi penyedia tablet nomor dua terbanyak di Cina, setelah Apple.

“Untuk pasar tablet, tidak ada pesaing besar di luar sana yang mampu bersaing dengan Apple(secara global),” kata Ng lagi. “Tapi jika Anda melihat Cina, nama merek Lenovo cukup kuat.” Lenovo juga meluncurkan toko aplikasi online bernama LeGarden dan smart TV pertama yang memanfaatkan sistem operasi Android terbaru, 'Ice Cream Sandwich', dari Google Inc. Perusahaan mengatakan televisi itu akan dijual April namun hanya tersedia di Cina, untuk tahap pertama, karena perusahaan harus menggandeng lebih banyak penyedia konten dan operator sebelum memperluas penjualan secara global.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)