Financial Report Capital Market & Investment zkumparan

Penjualan Indofood Tumbuh 11%, Anthoni Salim Bilang Begini

PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) pada Kamis (02/05/2023) mengumumkan kinerja keuangan untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2023. ICBP mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 11% menjadi Rp 19,14 triliun dari Rp 17,19 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Laba usaha meningkat 13% menjadi Rp3,99 triliun dari Rp 3,53 triliun dan marjin laba usaha sedikit membaik menjadi 20,9% dibandingkan dengan 20,6% di kuartal pertama tahun 2022. Core profit yang mencerminkan kinerja operasional perseroan naik 34% menjadi Rp2,87 triliun dari Rp2,14 triliun pada kuartal pertama tahun lalu.

Anthoni Salim selaku Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP mengatakan, pihaknya senang bahwa ICBP dapat memasuki tahun 2023 dengan positif di tengah tantangan dan situasi global yang sulit. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan penjualan maupun profitabilitas yang mengalami pertumbuhan.

“Kami akan terus mendorong pertumbuhan volume penjualan di seluruh kategori produk dan mempertahankan profitabilitas yang sehat. Namun tetap memperhatikan perkembangan kondisi pasar global yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, volatilitas harga komoditas dan nilai tukar,” kata Anthoni Salim dalam keterangan resminya (02/05/2023).

Kinerja ICBP sendiri pada 2022 lalu mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 14% menjadi Rp64,80 triliun dari Rp56,80 triliun. Laba usaha naik 15% menjadi Rp13,38 triliun dari Rp11,67 triliun, dan marjin laba usaha stabil di kisaran 20,6%. Core profit yang mencerminkan kinerja operasional meningkat 7% menjadi Rp7,31 triliun dari Rp6,86 triliun.

Anthon pada saat mengumumkan laporan keuangan ICBP tahun 2022 mengatakan bahwa tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perusahaan-perusahaan FMCG. Tantangan tersebut hadir karena ada ketegangan geopolitik, berbagai perubahan seputar peraturan dan kebijakan, serta kenaikan harga berbagai komoditas.

“Meskipun demikian, saya gembira ICBP dapat terus mencatatkan kinerja keuangan dan bisnis yang baik di tahun 2022 didukung oleh kekuatan brand equity, pricing power dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat,” ucapnya.

Di tahun 2023, ICBP akan tetap fokus mengembangkan kegiatan usaha di Indonesia dan di luar Indonesia secara organik, mengoptimalkan keseimbangan antara pertumbuhan volume penjualan dan profitabilitas, memperkuat posisi pasar di seluruh kategori produk, serta mempertahankan posisi neraca yang sehat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved