Penjualan Naik 18,9%, Kalbe Kantongi Laba Bersih Rp 922 Miliar

PT Kalbe Farma Tbk. sepanjang semester I 2013 membukukan laba bersih Rp 922 miliar atau tumbuh 14,2% dibanding periode yang sama 2012, didorong penjualan yang kuat.

Kalbe-FarmaPenjualan bersih semester I naik sebesar 18,9% menjadi Rp 7,421 triliun dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp 6,244 triliun.

"Di tengah situasi makroekonomi yang menantang, kami mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan yang kuat dan marjin yang relatif stabil," kata Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma, Vidjongtius di Jakarta, Rabu (31/7).

Pertumbuhan perseroan ditopang oleh ke-4 divisi utama, yakni Divisi Obat Resep, Produk Kesehatan, Nutrisi, serta Distribusi dan Logistik.

Vidjongtius menjelaskan, Divisi Obat Resep Perseroan mencatat penjualan bersih sebesar Rp 1.887 miliar, meningkat 18,1% terutama didukung oleh pertumbuhan volume. Kontribusi divisi ini sebanyak 25% terhadap total penjualan bersih perseroan.

“Kami terus melanjutkan persiapan menghadapi pelaksanaan jaminan kesehatan nasional tahun mendatang, dengan mendirikan pabrik khusus untuk produk generik tidak bermerek, dan membangun fasilitas produksi baru untuk obat kanker dalam rangka memperkuat portofolio obat resep,” katanya.

Divisi Produk Kesehatan mencatat pertumbuhan 19% dengan penjualan bersih sebesar Rp 1.194 miliar. Divisi Produk Kesehatan memberikan kontribusi 16% terhadap total penjualan bersih Perseroan.

Pertumbuhan tersebut didukung secara berimbang oleh produk obat bebas dan minuman siap saji. Kinerja produk-produk baru dalam kategori minuman kesehatan termasuk Hydro Coco, Original Love Juice dan Tipco terus membukukan hasil yang baik sesuai yang diharapkan.

“Ke depan, kami terus berupaya memperbaiki pengelolaan rantai pasokan dan distribusi, serta menjajaki kemungkinan memperkuat infrastruktur produksi," ujar dia.

Divisi Nutrisi juga mencapai penjualan bersih memasuakan yakni sebesar Rp 1.759 miliar, meningkat 32,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2012. Divisi Nutrisi kini memberikan kontribusi 24% terhadap total penjualan bersih Perseroan.

“Produk-produk andalan dan produk-produk baru seperti Fitbar, Zee, Nutrive Benecol dan Lovamil terus membukukan pertumbuhan yang baik.”

Untuk Divisi Distribusi dan Logistik tumbuh 11,6% mencapai penjualan sebesar Rp 2.581 miliar. Divisi Distribusi dan Logistik memberikan kontribusi 35% terhadap total penjualan bersih Perseroan, menurun dari 37% pada semester pertama tahun 2012.

Sementara itu, laba bersih perseroan per saham juga meningkat menjadi Rp 20 per lembar dari sebelumnya Rp 17 per lembar. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)