Penjualan Q1 2012 HTC Diperkirakan US$ 2,2 Miliar

HTC Corp, produsen smartphone terbesar kedua di Asia, memproyeksikan penjualan di kuartal pertama 2012 sebesar NT$ 65 miliar (US$ 2,2 miliar) hingga NT$ 70 miliar. Selain itu, perusahaan pun memperkirakan pendapatan di periode yang sama sebesar NT$ 84,9 miliar.

Perusahaan yang tidak mengumumkan proyeksi jumlah pengapalan produk smartphone di kuartal pertama itu tengah bersaing dengan Apple dan Samsung Electronics. Minimnya model perangkat baru di kuartal ini mungkin menghambat upaya HTC dalam mengejar ketinggalan dengan para pesaing yang unggul. Apalagi, dunia smartphone kian digandrungi di hampir semua lapisan masyarakat.

“Ini akan menjadi masa transisi bagi mereka (HTC) karena penjualan model sebelumnya tampak buruk dan mereka menunggu keberadaan produk yang segar,” kata Aaron Jeng dari Nomura Holdings Inc. “Kita harus menunggu di kuartal selanjutnya untuk melihat bagaimana handset terbaru tampil di pasaran.”

“Perkiraan penjualan HTC mungkin mencapai titik terendah sejak kuartal kedua di 2010 terkait transisi produk,” kata Chief Financial Officer, Winston Yung. Ia menolak untuk melaporkan jumlah pengapalan di kuartal keempat 2011 ataupun kuartal selanjutnya. Inilah pertama kalinya HTC tidak mempublikasikan data volume penjualan. “Kelemahan kami di kuartal pertama juga muncul akibat kompetisi dengan iPhone dan Samsung di Amerika Serikat. Perangkat LTE juga tidak kami perkirakan sebelumnya.”

Sebelumnya, meski memanfaatkan paten dari S3 Graphics Co yang dibeli dengan harga US$ 300 juta, HTC gagal memenangkan tuntutan pelanggaran paten yang diajukan kepada Apple Inc. Komisi Perdagangan AS menyatakan bahwa Apple tidak melanggar hak paten yang dimiliki S3 Graphic. Karena itu, pemerintah menolak permintaan HTC untuk membatasi impor beberapa produk komputer Mac, iPhone dan iPad. Sayangnya, komisi tersebut menolak memberikan alasan spesifik.

HTC yang menjual sebagian besar smartphone di Amerika Serikat pada kuartal ketiga, membei S3 Graphics yang berbasis di California beberapa hari setelah pengajuan kasus di Juli lalu. S3 Graphics merupakan perusahaan yang sebagian dimiliki oleh Chairwoman HTC, Cher Wang. Meskipun begitu, S3 Graphics masih memiliki beberapa kasus melawan Apple yang tertunda, terkait dengan empat paten. HTC juga tersangkut kasus paten terkait sistem operasi Android milik Google Inc.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)