Permata Bank Targetkan Kenaikan Penyaluran Kredit 20% di 2013

PT Bank Permata Tbk. mematok target pertumbuhan kreditnya di tahun depan sebesar 20% persen dibanding total kredit 2012. Target yang ditetapkan jauh di bawah realisasi pertumbuhan kredit perseroan 2012 yakni 39% sepanjang Januari-September.

 

 

 

 

 

 

 

 

Per kuartal III tahun ini, Permata Bank mencatat penyaluran kredit Rp 89,9 triliun. "Di RBB (rencana bisnis bank) 2013 ada kenaikan sebesar 20%. Meski lebih kecil dibanding pertumbuhan sampai September sebesar 39%, tetapi secara nominal hampir sama sekitar Rp20 triliun," kata Direktur Retail Banking, Lauren Sulistiawati di Jakarta.

Perkembangan kondisi ekonomi global yang masih belum pulih dan berbagai peraturan baru dari Bank Indonesia (BI) sedikit mempengaruhi pertumbuhan kredit perbankan termasuk di Permata Bank.

"Peraturan baru BI yang bertubi-tubi dan meliputi hampir semua pilar perbankan tentunya akan berdampak terhadap kegiatan kami, tetapi kami telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya," kata Lauren.

Terkait aturan Loan To Value (LTV), Lauren mengaku berpengaruh cukup besar bagi kredit kendaraan bermotor khususnya roda dua. Sedangkan untuk roda empat pengaruhnya tidak terlalu besar. Namun ia memprediksi pertengahan tahun depan kredit kendaraan bermotor ini akan kembali pulih “Kebijakan ini hanya menunda saja orang untuk membeli kendaraan," katanya.

Sampai kuartal III 2012, Permata Bank mencatat laba bersih sebesar Rp 1,09 triliun, naik 16% dibanding periode yang sama tahun lalu. Laba operasional tumbuh 25% menjadi Rp 1,373 triliun didorong pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 43% dan pendapatan berbasis biaya 11%.

Sedangkan kualitas kredit terus membaik terlihat dari NPL gros yang turun menjadi 1,5% dibandingkan 2,3% pada tahun lalu. Sementara NPL net turun menjadi 0,4% dari 0,7% pada tahun lalu.

Struktur permodalan Permata Bank bertambah kuat dengan penerbitan obligasi subordinasi berkelanjutan I sebesar Rp 1,8 triliun dan penerbitan obligasi subordinasi II sebesar Rp 700 milyar. Permata Bank juga telah mengajukan izin untuk melakukan rights issue sebesar Rp 2 triliun pada Desember ini, sehingga diperkirakan pada 2013 CAR Permata Bank akan mencapai 15,1%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)