Pertumbuhan Manulife Indonesia Tercepat di Asia

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia sukses memberikan kontribusi yang signifikan bagi induk usahanya di Kanada, Manulife Financial. Dibandingkan dengan negara Asia lainnya, pertumbuhan Manulife Indonesia merupakan yang tercepat.

Pertumbuhan yang cepat tersebut terlihat dari kinerja keuangan perseroan sepanjang tahun lalu. Untuk total premi bruto bisnis baru mencapai Rp 4,7 triliun, meningkat 27% dari Rp 3,7 triliun di 2010. Total premi dari Rp 5,9 triliun  tahun 2010 ke Rp 7,1 triliun pada 2011 atau naik 20%. Kemudian total dana kelolaan meningkat 32% dari Rp 16,5 triliun selama 2010 menjadi Rp 21, 8 triliun.

Presiden Direktur dan CEO Manulife Indonesia, Alan Marten, mengatakan, perusahaan yang dipimpinnya berkontribusi terbesar ke-3 di Asia bagi induk usaha, setelah Manulife Hong Kong dan  Manulife Jepang. Hanya saja pertumbuhan Manulife Hong Kong dan Jepang masih kalah dari Manulife Indonesia.

“Kami yakin pertumbuhan yang pesat ini akan terus berlanjut. Untuk kuartal 1 tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu, total premi bruto bisnis bruto kami naik 45% menjadi Rp 1,281 triliun, atau naik 31% menjadi Rp 1,885 triliun dan dana kelolaan tumbuh 26% menjadi Rp 37 triliun,” ujar Alan saat perayaan 125 tahun Manulife yang diadakan di Jakarta, Senin (7/5).

Keberhasilan Manulife Indonesia, menurut Alan tak lepas dari lima pilar strategi pertumbuhan yakni menumbuhkan agensi, mengembangkan bancassurance, diversifikasi jalur-jalur alternatif, mengembangkan wealth sales dan membangun brand Manulife.

Untuk agensi, manpower agen Manulife Indonesia tumbuh 17% menjadi 7.804 agen pada 2011. Jalur bancassurance juga mengalami peningkatan 46% dibandingkan dengan 2010. “Agensi adalah kunci sukses Manulife Indonesia. Tahun ini kami menargetkan akan menambah 2.000 agen baru. Kunci sukses kami yang lain adalah bancassurance. Sejak mulai memperkenalkan bancassurance di tahun 2003, kini kami sudah ber-partner dengan 15 bank,” tambah Alan.

Manulife Indonesia merupakan anak usaha Manulife Financial yang bermarkas di Toronto, Kanada. Pada 2011, pemegang polis aktif perusahaan jasa asuransi ini mencapai lebih dari 1,5 juta orang dengan total klaim yang dibayarkan Rp 2,5 triliun. (Lila Intana/EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)