PGN Bagikan Dividen Rp 4,9 Triliun, Terbesar untuk Pemerintah

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 4,9 triliun atau setara dengan Rp 202,77 per saham.  Dividen yang dibagikan merupakan 58,79% dari laba bersih perseroan di tahun buku 2012 yang sebesar Rp 8,86 triliun.

Nilai dividen yang dibagikan untuk tahun buku 2012 mengalami peningkatan dibanding tahun 2011 yang hanya sebesar Rp 3,2 triliun. Pemerintah selaku pemegang saham terbesar akan mendapatkan pembayaran dividen sebesar Rp 2,8 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan setoran PGN kepada pemerintah di tahun buku 2011 senilai Rp 1,86 triliun.

Direktur Utama PGN, Hendri Prio Santoso, mengatakan, peningkatan setoran tersebut merupakan bentuk komitmen perseroan dalam pembangunan nasional. "Sebagai perusahaan negara, selain turut  membangun infrastruktur gas bumi di dalam negeri, kami juga terus berusaha meningkatan setoran deviden kepada pemerintah. Hal ini merupakan bagian dari kontribusi PGN untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional," kata Hendi Prio di Jakarta, Rabu (17/4).

Sepanjang 2012, PGN telah berhasil merealisasikan sejumlah program kerja perusahaan. Pembangunan Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Lampung sudah memasuki pembangunan bagian dasar kapal (keel laying) di galangan kapal Hyunday Heavy Industries di Ulsan, Korea Selatan.

PGN juga berhasil memenuhi kontrak pelanggan perseroan di Jawa Timur dengan volume sebesar 135 MMSCFD atau setara dengan 457 juta liter solar. Dengan terpenuhinya kontrak pelanggan tersebut, para pelaku industri di Jawa Timur dapat menghemat biaya energi hingga sebesar Rp3,1 triliun. "Sebab, jika dibandingkan dengan menggunakan solar, harga gas bumi 30% lebih murah," katanya.

Beberapa proyek pembangunan infrastruktur gas bumi juga terus dilakukan PGN di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Kami berharap pembangunan infrastruktur gas bumi ini akan sejalan dengan peningkatan pasokan gas dan pengembangan pasar. Sehingga pemanfaatan gas bumi mampu menciptakan efisiensi dan memperkuat daya saing industri kita,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)