Proyeksi Kredit BCA Tak Secerah Tahun 2012

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memprediksi pertumbuhan kreditnya sebesar 18-20 persen pada tahun 2013. Angka tersebut lebih kecil ketimbang realisasi tahun lalu yang mencapai 27 persen.

Konferensi pers PT Bank Central Asia Tbk terkait kinerja keuangan 2012, di Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, berujar, proyeksi kredit yang lebih rendah itu didasarkan pada pertimbangan kondisi makro ekonomi Indonesia. Pertimbangan yang pertama adalah adanya koreksi harga komoditas, seperti batu bara, CPO, dan karet. “Itu semua menyebabkan pertumbuhan ekspor Indonesia itu di awal tahun ini agak turun, yang tercermin dari trade balance (neraca perdagangan) yang negatif," terang Jahja, di Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Yang menjadi pertimbangan lainnya adalah gejolak nilai tukar rupiah terhadap US dollar. Selain itu, kenaikan upah minimum regional juga diperhatikan oleh BCA. Jahja berpandangan, kenaikan upah ini seperti pisau yang bermata dua. Di sisi perusahaan, kenaikan upah meningkat biaya sehingga menggerus marjin. Namun, di pihak karyawan, kenaikan upah meningkatkan daya beli mereka.

Terkait itu, BCA melihat kondisi kelas menengah-atas agak meningkat. Namun, pengamatan ini baru dilakukan satu bulan. Perlu adanya pengamatan yang berkelanjutan. “Contoh lain, penjualan nasional daripada mobile food. Cenderung yang middle-low class turun, dan middle-up masih pesat. Jadi, ada suatu mix dari industri. Itu makanya kita agak konservatif memprediksi bahwa kenaikan (kredit) kita 18-20 persen (tahun 2013),” papar dia.

Proyeksi sebesar 18-20 persen pada tahun ini lebih kecil ketimbang pencapaian tahun-tahun sebelumnya. Karena, pada tahun 2011, kredit BCA bisa tumbuh sekitar 31 persen. Dan tahun lalu, penyaluran kredit naik 27 persen.

“Namun memang kalau kondisi perekonomian baik, tidak ada gejolak-gejolak, mungkin bisa lebih sedikit dari angka 20 persen tersebut,” tandas Jahja. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)