Samsung Cetak Rekor Laba Tertinggi, Loncat 90%

Samsung Electronics bersiap menyambut hasil kinerja sepanjang kuartal ke-4 2012, yang dikatakan sebagai terbaik sepanjang sejarah berdirinya produsen elektronik asal Korea tersebut.

Perusahaan asal Korea ini memperkirakan laba operasionalnya di kuartal 4 2012 akan mencapai 8,8 triliun won atau sekitar US$ 8,3 miliar. Perolehan laba ini melonjak 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Selama lima kali berturut-turut, Samsung memecahkan rekor perolehan laba. Semua ini berkat produk smartphonenya yang meledak di pasaran. Smartphone Galaxy telah mendorong Samsung menyalip Nokia sebagai pembuat ponsel terbesar di dunia sejak 2012 lalu.

Analis mengatakan, mengingat popularitas smartphone yang semakin merajai pasar dunia, maka laba Samsung akan terus mengalami pertumbuhan yang besar dalam beberapa bulan mendatang.

"Tidak hanya penjualan smartphone mereka yang tumbuh, mereka juga belajar bagaimana membuat keuntungan dari tenaga penjual merekaā€¯ kata James Rooney, Ketua Perusahaan Pasar Force, sebuah perusahaan penasehat yang berbasis di Seoul.

Salah satu pendorong utama penjualan smartphone Samsung dalam beberapa bulan terakhir yakni Galaxy S3. Ponsel ini menghadapi persaingan yang cukup sengit dari Apple dengan iPhone 5-nya yang diluncurkan September tahun lalu. Saingan lainnya, seperti Nokia dan HTC, juga telah meluncurkan handset baru didukung oleh Windows Phone 8. Namun Samsung berhasil membuktikan diri melalui perolehan laba yang sangat tinggi. (BBC/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)