Sektor Otomotif Astra Cetak Laba Rp 6,6 Triliun

 

Per 30 September atau kuartal ketiga pada 2017 ini,  PT Astra International Tbk (Grup Astra) menunjukkan kinerja perseroan yang positif. Konglomerasi  bisnis ini berhasil mencetak laba Rp 14,18 Triliun, naik 26% dibanding periode yang sama pada 2016 lalu yang sebesar Rp 11,28 Triliun. Dari total keuntungan Perseroan tersebut, sektor otomotif berhasil mencetak keuntungan Rp 6,6 triliun.  "Prospek kinerja hingga akhir tahun ini diperkirakan tetap positif, karena penguatan harga komoditas yang terus berlanjut. Meskipun ada tantangan dari peningkatan kompetii di pasar mobil serta bertambahnya provisi kredit pada beberapa aktivitas Grup Jasa Keuangan," kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk  dalam siaran pers (Selasa 31/10 ).

Prijono menambahkan, selama sembilan bulan pertama tahun 2017, segmen otomotif Grup Astra meningkat  pangsa pasarnya, baik itu di pasar mobil maupun motor. Meski menghadapi tekanan  diskon dari meningkatnya kompetisi di pasar mobil kinerja anak usaha Perseroan, PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor yang cukup positif.  Laba   bisnis  grup otomotif  meningkat 10% menjadi Rp 6,6 triliun dibanding periode yang sama pada 2016 lalu yang sebesar Rp 5,99 triliun. Meningkatnya laba ini terutama disebabkan oleh kenaikan penjualan mobil dan motor. Penjualan mobil secara nasional meningkat 3% menjadi 804.000 unit. Penjualan mobil Astra  meningkat sebesar 5% menjadi 444.000 unit, sehingga menghasilkan peningkatan pangsa pasar dari 54% menjadi 55%.

Meski pasar motor nasional tidak mengalami perubahan yaitu sebanyak 4,3 juta unit, namun  penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) meningkat 2% menjadi 3,2 juta unit, sehingga pangsa pasar AHM  pun naik dari 73% menjadi 75%.  Produk Honda di bebeberapa segmen, seperti skutik dan sport, menjadi pemimpin pasar di segmenya.  Laba bersih PT Astra Otoparts Tbk, bisnis komponen Grup, meningkat  30% menjadi Rp 370 miliar, didukung oleh peningkatan kontribusi dari perusahaan ventura bersama dan entitas asosiasi yang mencatat kenaikan jumlah penjualan. (Rian S)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)