Semester I Bukit Asam Serap 31% Dana Capex

Selama semester I tahun 2012 PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) melakukan investasi (capital expenditure/capex) sebesar Rp 417 miliar atau setara dengan 31% dari total alokasi dana capex 2012 yang sebesar Rp 1,4 triliun.

Dana capex itu terserap untuk pembangunan PLTU 2x8 MW untuk pemakaian sendiri di Pelabuhan Tarahan, dan juga peningkatan kapasitas Pelabuhan Tarahan.

Menurut Sekretaris perusahaan PTBA, Hananto Budi Laksono, PTBA baru-baru ini melakukan penandatanganan jual-beli excess power atau kelebihan daya listrik yang dihasilkan PLTU 3x10 MW PTBA di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Dari 30 MW daya listrik yang dihasilkan, 24 MW diantaranya dipakai sendiri oleh PTBA, dan 6 MW sisanya akan dijual ke PT PLN, dalam hal ini adalah PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi. PLTU ini akan mulai beroperasi komersial pada September mendatang.

Berikutnya, PLTU 2x8 MW untuk pemakaian sendiri di Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung, saat ini dalam tahap pembangunan konstruksi dan akhir tahun depan sudah siap beroperasi. Kemudian, tahun berikutnya PLTU Banjarsari 2x110 MW yang sedang dalam tahap pembangunan konstruksi, juga sudah mulai beroperasi,” ujar Hananto.

Pada bulan Juni lalu, PTBA juga menandatangani MoU bersama PT PLN dan TNB (Tenaga Nasional Berhad) dan Malaysia untuk pembangunan PLTU 2x600 MW di mulut tambang IUP PTBA di Peranap, InMoU bersama PT PLN dan TNB (Tenaga Nasional Berhad) dan Malaysia dragiri Hulu, Riau.

Sebagai daya listrik yang dihasilkan, dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik domestik, dan sebagian lagi dikirim ke Malaysia melalui kabel bawah laut,” katanya.

Hananto menjelaskan, penandatanganan MoU ini akan disusul dengan pembentukan tiga perusahaan patungan, masing-masing perusahaan patungan untuk penambangan batubara, perusahaan pembangunan konstruksi PLTU dan perusahaan untuk pembangunan transmisi.

Sementara itu, untuk proyek pengembangan CBM di Tanjung Enim, saat ini statusnya sudah menyelesaikan pemboran eksplorasi 2 core hole, dan dilanjutkan dengan persiapan pengeboran sumur produksi (Pilot Well).

PTBA memiliki cadangan CBM sekitar 0,8 triliun cubic feet (TFC). Dari jumlah cadangan ini, energi yang dihasilkan cukup untuk mengoperasikan PLTU dengan kapasitas 250 MW,” katanya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)