Sistem Digital Dongkrak Laba White Horse Group Rp12,8 Miliar

Angreta Chandra, Direktur Utama White Horse Group

PT Weha Transportasi Indonesia, Tbk. (White Horse Group) mencatat kinerja keuangan pada kuartal III-2017 dengan peningkatan laba usaha sebesar 328% menjadi Rp 12,8 miliar dibandingkan dengan periode September 2016 yang  mencatat kerugian sebesar Rp 5,6 miliar.

Peningkatan ini dikarenakan adanya implementasi sistem di operasional secara digital di biaya operasional yang menghasilkan rasio laba kotor sebesar 43% di Q3 tahun 2017 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016 yang sebesar 27%. Serta terdapat penurunan biaya usaha sebesar 16% di Q3 tahun 2017. Peningkatan laba bersih sebesar 494% menjadi sebesar Rp 72 miliar dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016 yang mengalami kerugian 18 miliar.

Di tahun 2017 ini, White Horse Group melakukan pelepasan asset non produktif yang dikarenakan armada telah masuk ke usia peremajaan. Sampai  dengan September 2017, capex yang telah direalisasikan adalah sebanyak 29 unit armada bus dari total keseluruhan rencana capex sebanyak 40 unit yang akan direalisasikan seluruhnya di Q4 2017. Untuk memenuhi kebutuhan permintaan akan jasa layanan transportasi yang terus tumbuh.

Perusahaan telah meluncurkan reservasi bus online pada bulan September 2017, yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru yang berasal dari luar kota. Pada saat ini reservasi online ini dimulai dari Jakarta dan akan dilanjutkan dengan beberapa kota dimana perusahaan berada. White Horse juga sedang membidik kerjasama dengan travel online dengan menjadikan bus sebagai salah satu produk yang dipasarkan.

“Platform online booking ini bertujuan untuk mempermudah proses pemesanan bus dengan fleksibilitas dari mana saja dan kapan saja. Selain itu melalui pemesanan online dapat mengantisipasi miskomunikasi yang terjadi apabila pemesanan dilakukan secara konvensional via telepon,” ungkap Angreta Chandra, Direktur Utama White Horse Group.

Lini produk yang dapat dipesan secara online, yakni regular bus (Deluxe), premium (Premiere), dan Luxury Bus (WEHA One) yang dilengkapi fasilitas-fasilitas sesuai dengan kategorinya. Untuk diketahui White Horse Group mempunyai 4 lini usaha yaitu bus charter, intercity shuttle, car rental, dan daily sightseeing tour.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)