Solusi Tunas Pratama Bukukan Pendapatan Rp 330,9 Miliar

Kinerja PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (STP), perusahaan yang bergerak di bidang usaha penunjang telekomunikasi yang meliputi penyediaan, pengelolaan dan penyewaan menara selama tahun 2011 positif. Lihat saja laporan keuangannya menunjukkan bahwa pendapatan naik dari Rp 286,4 milliar tahun 2010 menjadi Rp 330,9 milliar pada 2011. Peningkatan ini dikarenakan pertumbuhan penyewa menara STP yang mencapai 35%, dari 1.571 penyewa tahun 2010 menjadi 2.114 penyewa selama 2011. Rasio penyewaan menara mencapai 1,61 kali pada tahun 2011 jika dibandingkan dengan tahun 2010 yang sebesar 1,37 kali.

Lebih jauh, awal tahun 2012 STP telah berhasil mengakuisisi PT Platinum Teknologi yang memiliki jaringan serat optik dan micro cell di kawasan Jakarta. Akusisi ini bertujuan untuk menjawab permintaan dan tantangan yang sedang dihadapi oleh sebagian besar pelanggan STP. Dengan adanya jaringan serat optik ini,STP dapat memperkuat solusi tambahan, seperti BTS hotel dan koneksi last mile dan backhaul, menjadikan Perseroan sebagai one stop solution untuk permasalahan infrastruktur telekomunikasi di daerah padat perkotaan, khususnya Jakarta.

Nobel Tanihaha, Direktur Utama STP, mengatakan, strategi STP saat ini adalah fokus pada pengembangan portofolio menara telekomunikasi di daerah perkotaan yang berpenduduk padat, untuk memenuhi peningkatan permintaan kapasitas dan jangkauan jaringan pada pelanggan perkotaan terhadap telekomunikasi nirkabel dan layanan broadband nirkabel.

Tahun ini, STP mengalokasikan capital expenditure (capex) sebesar Rp 500 miliar. Dana ini bersumber dari pinjaman bank, sisa dana hasil penawaran umum saham perdana, plus kas internal. "Hingga sekarang dana belanja modal tersebut telah digunakan sekitar 45 - 50% dari target belanja modal 2012 sebesar Rp 500 miliar," Nobel menambahkan. Bahkan, dana capex tersebut tidak tertutup kemungkinan untuk akuisisi yang tidak besar.

Leave a Reply

1 thought on “Solusi Tunas Pratama Bukukan Pendapatan Rp 330,9 Miliar”

apa bisa membangun menara juga di wilayah papua? kalau bisa, bagaimana mekanismenya untuk bekerjasama?
by harun abdullah, 11 Apr 2013, 22:24

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)