Strategi Hankook Tire Cetak Rekor Penjualan

Di tengah kondisi perekonomian dunia yang masih tak menentu, perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, justru bisa mencetak rekor penjualan yang mencapai sekitar US$ 6,5 miliar selama 2012. Angka tersebut naik 8,3 persen dari tahun sebelumnya.

Ban Hankook (sumber: trucktrend.com)

“Walapun situasi ekonomi global yang mengalami stagnasi pada 2012, Hankook Tire tetap dapat terus bertumbuh dengan menempatkan prioritas untuk menghadirkan ban dengan performa dan kualitas terbaik bagi seluruh pelanggan kami di dunia,” ujar Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tire, dalam siaran pers.

Bukan hanya angka penjualan saja yang menjadi catatan membanggakan di tahun 2012. Hankook Tire juga mencetak keuntungan yang signifikan, yaitu US$ 836,8 juta, atau tumbuh sebesar 57,9% secara year on year.

Catatan keuangan tersebut bisa didapatkan perusahaan seiring dengan kenaikan performa penjualan yang mengesankan dari produk ban ultra-high performance (UHP), serta peningkatan ekuitas merek produk sebagai produsen ban premium. Permintaan pasar terhadap produk ban UHP Hankook Tire terus meningkat. Hal ini dibuktikan oleh performa penjualan global yang memperlihatkan pertumbuhan sehat dengan rata-rata tahunan sebesar 30,2%.

Secara spesifik, penjualan ban UHP di beberapa negara, seperti Rusia, negara-negara persemakmuran Inggris, dan Amerika Latin memimpin pertumbuhan ini, di mana kenaikan rata-rata tahunan sebesar 86,5%.

Selain itu, portofolio fitment dari original equipment (OE) juga berkembang. Ini ditandai dengan semakin banyaknya kerja sama dengan produsen mobil-mobil premium yang juga berpengaruh terhadap rekor penjualan Hankook Tire. Kontrak pasokan dari OE Hankook Tire kepada produsen mobil premium global melonjak 27,6% secara tahunan, yang didorong dengan perjanjian kerja sama pemasangan ban UHP Hankook pada mobil BMW seri New-

1 dan New-3, Lincoln MKZ, Audi, Volkswagen, dan juga Chrysler. Bahkan di Cina, kontrak kerja sama dengan Audi meningkat dua kali lipat dari pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 156%.

Peningkatan penjualan yang menakjubkan dalam segmen produk UHP ini adalah bukti bahwa Hankook Tire memiliki kualitas produk terdepan dengan teknologi mutakhir disertai kemampuan riset dan pengembangan yang kuat. Hankook Tire saat ini menjadi merek terkemuka dalam segmen UHP, dengan kualitas superior yang sudah teruji.

Pada tahun ini, Hankook Tire berupaya keras untuk dapat melewati situasi ekonomi global yang cenderung tidak menguntungkan dengan melakukan penetrasi pasar ke beberapa negara berkembang, yang pasar otomotifnya sedang berkembang pesat.  Dan juga dengan tetap mempertahankan pasokan pasar yang stabil bagi negara maju dengan segmen replacement equipment (RE) yang juga terus meningkat. Untuk diketahui, target pendapatan tahunan Hankook Tire pada tahun fiskal 2013 ditetapkan sebesar KRW 7,369 triliun.

“Kami akan terus meningkatkan investasi pada bidang riset dan pengembangan, dan juga meningkatkan ekuitas merek untuk memperkuat posisi Hankook Tire sebagai merek premium yang akan membuka jalan untuk menjadi lima perusahaan ban teratas pada 2014,” tambah Seung Hwa Suh. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)